Sukabumi Update

5 Alasan Seseorang Stres Setelah Lebaran, Apa Anda Mengalaminya?

Ilustrasi - Alasan Seseorang Stres Setelah Lebaran (Sumber : Freepik.com/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Stres pasca Lebaran atau stres setelah masa liburan sering terjadi karena transisi dari suasana liburan yang santai kembali ke rutinitas sehari-hari yang sibuk.

Ada beberapa alasan umum mengapa seseorang bisa merasa stres setelah Lebaran. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Alasan Seseorang Stres Setelah Lebaran

  • Perubahan pola tidur dan pola makan

Selama liburan, pola tidur dan pola makan sering kali berubah, yang dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan kesejahteraan mental.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Bahagia Karena Orang Tua Baik Hati, Cikal Bakal Sukses!

Kembali ke rutinitas normal bisa menimbulkan stres saat tubuh harus menyesuaikan kembali.

  • Tekanan keuangan

Belanja besar-besaran selama Lebaran bisa meninggalkan dampak finansial yang signifikan, yang dapat menimbulkan stres saat kembali ke rutinitas keuangan yang normal.

  • Pekerjaan menumpuk

Banyak orang yang kembali dari liburan Lebaran dengan tumpukan pekerjaan menunggu mereka di kantor, yang dapat menimbulkan stres karena harus menangani beban kerja yang besar.

Baca Juga: Asam Urat Naik: 10 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Serangannya Kambuh

  • Sosialisasi dan keluarga

Meskipun Lebaran sering dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman, bagi beberapa orang hal ini bisa menjadi sumber stres karena perbedaan pendapat, konflik, atau ekspektasi yang tidak terpenuhi.

  • Perasaan kesepian

Setelah masa liburan yang penuh dengan kegiatan sosial, kembali ke rutinitas sehari-hari yang lebih sepi bisa membuat seseorang merasa kesepian atau kehilangan.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Positif Agar Anak Memiliki Karakter Baik

Untuk mengatasi stres pasca Lebaran, penting untuk memberi diri sendiri waktu untuk beradaptasi kembali dengan rutinitas normal.

Selain itu, cobalah berusaha menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan hidup pribadi, merawat kesehatan fisik dan mental Anda dengan istirahat yang cukup, olahraga, dan mengatur pola makan yang sehat, serta mencari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental jika diperlukan.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT