Sukabumi Update

9 Tips Mencegah Berat Badan Naik Berlebihan, Yuk Ubah Gaya Hidup!

Ilustrasi. Tips Mencegah Berat Badan Naik Berlebihan (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)

SUKABUMIUPDATE.com - Berat badan naik terkadang menjadi kabar bahagia bagi mereka yang sulit gemuk.

Namun, berat badan naik secara berlebihan justru menjadi malapetaka karena menimbulkan kondisi yang disebut kelebihan berat badan hingga obesitas.

Maka dari itu yuk coba beberapa tips untuk mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan berikut ini!

Tips Mengatasi Berat Badan Naik Berlebihan 

  • Makan dengan Porsi yang Terkendali

Kendalikan porsi makan Anda, dan usahakan untuk tidak makan berlebihan. Perhatikan kebutuhan kalori harian Anda dan pastikan makanan yang Anda konsumsi seimbang.

Baca Juga: 10 Cara Mengenali Anak yang Stres Sendiri di Rumah

  • Pilih Makanan Sehat

Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein sehat. Hindari makanan olahan dan kemasan yang tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan garam.

  • Perhatikan Gaya Hidup Aktif

Tetaplah aktif dengan berolahraga secara teratur. Pilihlah aktivitas fisik yang Anda nikmati, seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau berlatih di gym.

Baca Juga: 10 Cara Alami untuk Mencegah Gula Darah Naik, Kelola Stres Salah Satunya

  • Hindari Makanan Ringan Tidak Sehat

Batasi konsumsi makanan ringan yang tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan garam. Ganti dengan pilihan camilan sehat seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yoghurt rendah lemak.

  • Minum Air yang Cukup

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik dengan minum air yang cukup setiap hari. Hindari minuman bersoda dan minuman manis lainnya yang tinggi gula.

Baca Juga: Lirik Lagu Sepenuh Hati Rony Parulian feat Andi Rianto yang Viral di TikTok

  • Pantau Konsumsi Kalori

Seringkali kita tidak menyadari berapa banyak kalori yang kita konsumsi dari minuman dan camilan. Ini untuk mencatat dan mencatat asupan kalori harian Anda.

  • Tidur yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Makanan untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

  • Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat memicu keinginan untuk makan secara berlebihan. Temukan cara untuk mengelola stres Anda, seperti berolahraga, yoga, atau aktivitas yang menyenangkan.

  • Pantau Berat Badan Secara Teratur

Selalu penting untuk menjaga berat badan Anda secara teratur. Jika Anda menyadari adanya peningkatan berat badan yang signifikan, mengingat kembali pola makan dan gaya hidup Anda.

Baca Juga: Profil Luna Maya, Artis yang Syuting Film Horor di Situgunung Sukabumi

Ingatlah bahwa kunci utama untuk menjaga berat badan yang sehat adalah dengan menciptakan pola makan dan gaya hidup yang seimbang serta berkelanjutan.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT