Sukabumi Update

6 Bahaya Besar Jika Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak, Bisa Jadi Durhaka?

Ilustrasi. Bahaya memanjakan seorang anak. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio

SUKABUMIUPDATE.com - Memanjakan anak rupanya tidak baik bagi proses pembentukan karakter dan mental saat tumbuh dewasa.

Membiarkan terdidik dalam asuhan manja akan menjadi bumerang di kehidupannya esok. Itu sebabnya, ini merupakan hal yang perlu dihindari.

Lantas seberapa bahaya ketika anak dibiarkan hidup manja? Berikut beberapa dampak pola asuh memanjakan anak, seperti merujuk Halodoc!

Bahaya Memanjakan Anak

1. Tidak Bertanggung Jawab

Ketika anak dididik dengan cara dimanjakan, maka dampak besarnya akan lahir karakter yang tidak bertanggung jawab dalam hidupnya.

Baca Juga: Cara Membuat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Pasalnya, anak sejak dini tidak dianjarkan mandiri, memegang amanah, dan beban yang seharusnya tak perlu diemban dan diselesaikan orang tuanya.

2. Ketergantungan pada Orang Tua

Dampak terlalu memanjakan anak juga berpengaruh terhadap kemandiriannya pada saat dewasa. Yakni ketergantungan kepada orang tua.

Idealnya, anak dididik untuk menyelesaikan masalahnya sendiri agar belajar arti tanggung jawab, kemandirian dan keteguhan hatinya dalam hidup.

Baca Juga: Cara Membuat Air Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

3. Mudah Putus Asa

Kelak, anak juga bisa mudah menyerah atau putus asa saat melangkah. Hal ini disebabkan asuhan yang terlalu manja dari orang tuanya semenjak dini.

Maklum, sebab anak tidak tahu arti perjuangan, kegagalan dan resiko negatif yang bakal dirasakannya pada saat sedang melangkah.

4. Pemberontak dan Durhaka

Ketika orang tua memaklumkan kesalahan anak dengan kedok "namanya juga anak-anak", maka ini pertanda buruk bagi perkembangan anak saat dewasa.

Baca Juga: 10 Tips Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Banyak Masalah

Hal ini bisa memicu anak tumbuh menjadi pribadi yang pemberontak. Sebab tidak mau disalahkan ketika kelakuannya semenjak kecil dibiarkan dan diaggap benar.

Parahnya, perbuatan memberontak ini apesnya bisa melawan kepada orang tuanya sendiri. Bahkan bisa pula menjadi sebab durhaka kepada orang tuanya.

5. Interaksi Sosial yang Buruk

Anak yang dimanjakan oleh orang tuanya akan cenderung asosial, di antaranya kurang peka, kurang empati dan termasuk belas kasihnya minim.

Karena anak selalu merasakan segalanya serba ada sejak kecil, keinginannya selalu terpenuhi dan tak perlu repot-repot mendapatkannya.

Baca Juga: 8 Makanan Kaya Purin yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

6. Bermental Kropos

Anak manja juga akan tumbuh dengan mental kropos dan lemah ketika dibiarkan hidup manja sejak kecil.

Karena sedari kecil tidak dilatih untuk merasakan kerasnya kehidupan, perjuangan dan kepahitan hidup lainnya.

Sumber : halodoc.com

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT