Sukabumi Update

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak yang sering dimarahi oleh orang tua dapat mengalami tingkat stres yang tinggi. Marah dan tekanan yang berulang dari orang tua bisa memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesejahteraan mental dan emosional anak.

Anak yang terus-menerus mengalami stres memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, dan gangguan perilaku. Anak yang stres dan tidak diatasi dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan mental mereka.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu anak mengatasi stres akibat sering dimarahi:

1. Coba Bicara dengan Anak

Cobalah berbicara dengan anak Anda secara terbuka dan empati. Dengarkan perasaan dan pengalaman mereka tanpa menghakimi. Ini memberi mereka kesempatan untuk berbicara tentang apa yang membuat mereka stres.

2. Berikan Dukungan Emosional

Pastikan anak tahu bahwa Anda sebagai orang tua atau pengasuh mendukung mereka. Cobalah untuk memberikan dorongan positif dan ungkapkan cinta dan kasih sayang Anda. Ini adalah salah satu cara untuk mengatasi anak stres karena sering dimarahi

3. Ajarkan Keterampilan Mengatasi Stres

Ajarkan anak Anda cara mengatasi stres dengan baik, karena ini akan membuat anak merasa lebih diperhatikan. Ini bisa melibatkan latihan pernapasan dalam, meditasi, atau teknik relaksasi sederhana.

4. Bantu Anak Memahami Emosi Mereka

Bantu anak Anda untuk memahami emosi mereka dan cara mengidentifikasi perasaan stres. Ini dapat membantu mereka mengelola emosi mereka dengan lebih baik dan bisa sebagai untuk mengatasi anak stres karena sering dimarahi.

5. Ajarkan Keterampilan Komunikasi

Ajarkan anak Anda keterampilan komunikasi yang sehat sehingga mereka dapat berbicara dengan orang tua mereka tentang perasaan mereka tanpa rasa takut. Ini adalah salah satu cara dalam mengatasi anak yang stres.

6. Beri Contoh yang Baik

Jadilah contoh yang baik dalam mengelola emosi dan konflik. Anak-anak sering meniru perilaku orang tua mereka. Dan ini juga menjadi cara dalam mengatasi anak stres karena sering dimarahi orang tua.

7. Kurangi Marah dan Kritik yang Berlebihan

Cobalah untuk mengurangi marah dan kritik yang berlebihan. Berbicaralah dengan lembut dan dengan kata-kata yang positif dan jangan menghukum anak secara berlebihan. Anak yang stres biasanya karena banyak dimarahi.

8. Ciptakan Lingkungan yang Aman

Pastikan rumah adalah tempat yang aman bagi anak Anda. Anak-anak perlu merasa nyaman dan aman di rumah karena ini merupakan salah satu kunci untuk mengatasi anak yang stres karena sering dimarahi.

9. Beri Waktu untuk Bersenang-senang

Pastikan anak Anda memiliki waktu untuk bersenang-senang dan bersantai. Aktivitas seperti bermain, berkumpul dengan teman-teman, atau mengejar hobi dapat membantu meredakan stres.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT