Sukabumi Update

Baca Doa Ini Saat Terjebak dalam Situasi Sulit, Allah SWT Akan Mudahkan Semuanya!

Ilustrasi berdoa - Doa ini dapat membantu siapapun yang mengamalkan akan dimudahkan dalam setiap perkaranya. | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap manusia yang hidup didunia ini pasti pernah mengalami terjebak dalam situasi sulit. Kondisi tersebut bisa berbagai macam hal, seperti kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan, perceraian, hingga kematian anggota keluarga.

Ketika terjebak dalam situasi sulit, manusia dapat merasakan berbagai macam emosi negatif, seperti takut akan masa depan, takut akan kegagalan, atau takut akan hal-hal yang tidak diketahui.

Saat menghadapi situasi sulit, manusia dapat merasakan kelemahan dan ketakutan. Doa dapat menjadi sumber kekuatan dan keteguhan hati untuk menghadapi situasi tersebut. Doa dapat membantu seseorang untuk tetap tenang, fokus, dan sabar dalam menghadapi kesulitan.

Dari sekian banyak doa untuk memohon kemudahan, ada salah satu doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini sebagaimana diungkap oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar (Beirut: Dar Ibn Hazm, 2004), halaman 238, berikut doanya yang dikutip dari NU Online:

اللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ ما جَعَلْتَهُ سَهْلاً وأنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إذَا شِئْتَ سَهْلاً

Latin: Allâhumma lâ sahla illâ mâ ja‘altahu sahlan wa anta taj‘alul ḫazna idzâ syi’ta sahlan.

Artinya: “Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali Engkau jadikan perkara itu menjadi mudah dan Engkau jadikan kesulitan menjadi kemudahan, jika Engkau menghendaki.”

Menurut Imam Nawawi, lafadz “hazn” dalam untaian kalimat doa diatas dapat diartikan sebagai tanah keras dengan tanaman yang tumbuh di atasnya.

Ini adalah doa ketika Anda terjebak dalam situasi sulit atau ketika Anda kesulitan melakukan sesuatu. Dengan doa ini, semoga Allah SWT dapat memudahkan segala permasalahan. Wallahu a'lam.

Sumber: NU Online

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT