Sukabumi Update

6 Penyebab Anak Kesepian Karena Merasa Tidak Disayang Orang Tuanya

Ilustrasi. Penyebab Anak Merasa Kesepian Tidak Disayang oleh Orang Tua. Sumber: Dok/SU

SUKABUMIUPDATE.com - Anak yang kesepian biasanya menunjukkan perilaku berbeda dari biasanya. Oleh karena bawaan rasa sepi, anak cenderung merasa tidak disayangi orang tuanya sendiri.

Alih-alih semangat dan ceria, rasa kesepian justru membuat anak tidak bahagia. Anak yang kesepian akan mencari perhatian di luar rumah, entah dengan cara positif maupun negatif.

Maka dari itu, orang tua wajib peka terhadap penyebab mengapa anak mungkin merasa tidak disayangi. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Penyebab Anak Merasa Tidak Disayang oleh Orang Tua

  • Ketidakterediaan Emosional

Orang tua yang sibuk dengan pekerjaan atau masalah pribadi mungkin tidak selalu hadir secara emosional untuk anak-anak mereka. Merasa kesepian dan tidak bahagia selama dirumah bisa membuat anak merasa tidak dihargai atau tidak disayang.

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

  • Ketidaksetaraan Perlakuan

Jika ada perbedaan perlakuan antara saudara-saudara, seperti membandingkan atau memberikan lebih banyak perhatian kepada salah satu anak daripada yang lain, anak yang merasa diabaikan mungkin merasa tidak disayangi.

  • Ketidakcocokan Komunikasi

Komunikasi yang buruk antara orang tua dan anak juga bisa menyebabkan anak merasa tidak disayang. Kurangnya waktu yang dihabiskan bersama untuk berbicara dan mendengarkan dapat membuat anak merasa tidak terhubung dengan orang tua mereka.

Baca Juga: 6 Air Rebusan yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

  • Ketidaksetujuan dan Konflik

Konflik yang berkepanjangan antara orang tua dan anak dapat membuat anak merasa tidak disayang atau tidak termotivasi, terutama jika konflik tersebut tidak diselesaikan dengan baik.

  • Pengalaman Traumatis

Pengalaman traumatis atau bentuk kekerasan dalam rumah tangga juga dapat membuat anak merasa kesepian dan tidak disayangi oleh orang tua mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

  • Kekerasan Verbal atau Emosional

Kekerasan verbal atau emosional dari orang tua dapat merusak harga diri anak dan membuat mereka merasa tidak disayangi.

Penting bagi orang tua untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak mereka, mendengarkan mereka dengan penuh perhatian, dan memberikan dukungan emosional yang mereka butuhkan.

Komunikasi terbuka dan dihargai yang konsisten juga penting dalam membantu anak merasa dicintai dan dihargai.

Baca Juga: Cara Membuat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT