Sukabumi Update

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit hati sering menjadi batu sandungan yang menjadi penghambat jalan seorang insan menjadi manusia seutuhnya.

Tanpa disadari, adanya penyakit hati justru bisa merusak banyak hal di dalam diri manusia dan sekitarnya jika dipelihara.

Maka dari itu, setiap insan perlu menghindari dari penyakit hati agar tidak merusak dirinya sendiri di kemudian hari.

Simak 8 penyakit hati dalam pandangan Islam yang seharusnya dihindari oleh setiap orang!

1. Pemarah

Marah memang manusiawi, tetapi jika dibiarkan tanpa dikendalikan, maka bisa menyebabkan kehancuran.

Untuk diri sendiri misalnya, akan sulit berpikir jernih dan adil, bahkan bisa mencelakai dirinya sendiri dan orang lain. Karena marah bertendensi dengan perbuatan buruk jika tidak dikontrol dengan baik.

2. Riya’

Orang yang menginginkan pujian dari orang lain dengan cara pamer keberhasilan, kesuksesan dan lain hal tentang diri adalah golongan riya’.

Penyakit hati ini akan menghilangkan pahala oleh sebab melakukan kebaikan bukan atas nama dank arena Allah SWT.

3. Sombong

Orang Sombong tidak disukai Allah, ini seperti tertera dalam Firman-Nya “Janganlah memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri." (Q.S Luqman: 18).

Memelihara sifat ini akan dijauhi orang, di sekelilingnya bisa jadi akan meninggalkannya akibat sombong kepada orang lain.

4. Iri Dengki

Salah satu penyakit hati yaitu memiliki sifat iri dengki. Orang yang memiliki sifat iri dengki juga bisa menghilangkan pahala kebaikan.  Selain itu, penyakit hati ini akan merusak diri sendiri dan lingkungan sosialnya.

5. Pelit

Kikir sangat tidak dianjurkan dan bahkan sangat dilarang dalam Islam. Karenanya, penting menghindari penyakit hati ini. Orang yang memelihara penyakit hati ini bisa tidak disukai banyak orang.

6. Rakus atau Serakah

Keserakahan atau kerakusan merupakan perbuatan yang tidak boleh menurut ajaran agama manapun, termasuk Islam. Oleh sebab itu, penting menghindari penyakit hati ini agar selamat dunia akhirat.

7. Ghibah

Membicarakan keburukan orang lain alias menggosip bukan perkara baik bagi orang. Ini perbuatan yang mesti dihindari.

Membiarkan diri memiliki kebiasaan demikian berarti menunjukkan hati sedang terkena penyakit batin.

 

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT