Sukabumi Update

Berlaku Bulan Depan, Penerapan Pelat Nomor Putih Kendaraan Dilakukan Bertahap

SUKABUMIUPDATE.com - Warna pelat nomor kendaraan baik mobil maupun motor akan diganti menjadi warna putih dan tidak lagi menggunakan warna hitam seperti saat ini.

Melansir dari Tempo.co, Korlantas Polri akan memberlakukan pelat nomor putih kendaraan mulai Juni 2022. Pergantian sendiri akan dilakukan secara bertahap.

Menurut Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin, yang akan diganti lebih dahulu adalah mobil atau motor pelat hitam yang habis masa berlakunya atau mobil baru.

Baca Juga :

Nantinya semua pelat nomor kendaraan, baik motor maupun mobil, tidak lagi menggunakan warna dasar hitam tulisan angka putih. Tapi warna dasar putih tulisan hitam. Penggunaan pelat nomor putih pada kendaraan agar terbaca kamera CCTV atau kamera ETLE.

photo(Ilustrasi) Pelat nomor kendaraan - (via econochannelfeunj.com)</span

Taslim mengungkapkan, kendaraan pelat hitam yang masa berlakunya belum habis tidak perlu melakukan penggantian ke pelat nomor putih.

"Alasan penggantian pelat tidak bisa serempak karena ada perbedaan masa berlaku TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor," ucap Taslim, dikutip dari laman NTMC Polri hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

Menurut Direktur Rregident Korlantas Polri Brigjen Yusri penggantian pelat nomor hitam ke pelat putih tidak akan dikenakan biaya tambahan.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI