Sukabumi Update

Termasuk Jabar, Ini Tiga Daerah yang Mulai Terapkan Pelat Nomor Putih

SUKABUMIUPDATE.com - Pelat nomor kendaraan dengan warna dasar putih mulai diberlakukan secara bertahap di beberapa wilayah Indonesia.

Saat ini Korlantas Polri mulai memberlakukan penggunaan pelat nomor kendaraan bermotor berwarna dasar di tiga wilayah yang materialnya sudah habis.

"Kami utamakan wilayah yang materialnya sudah habis, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Utara," kata Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin, sebagaimana dikutip Tempo hari ini, Jumat, 17 Juni 2022.

Baca Juga :

Taslim menjelaskan bahwa penggunaan pelat nomor kendaraan berwarna dasar putih ini dimulai jika material untuk pelat nomor hitam sudah habis. Di ketiga daerah yang disebutkan di atas, material pelat nomor hitamnya telah habis, sehingga pelat nomor kendaraan putih sudah mulai digunakan.

"Jika material spesifikasi lama habis, maka material baru akan digunakan. Artinya, penggunaan TNKB dengan spesifikasi warna dasar putih dengan tulisan hitam sudah kami mulai," ujar dia.

photo(Ilustrasi) Pelat nomor kendaraan - (via econochannelfeunj.com)</span

Sebelumnya, Korlantas Polri mengatakan bahwa penerapan pelat nomor putih ini akan dimulai pada pertengahan Juni 2022. Masyarakat diminta untuk bersabar dan menunggu perkembangan lebih lanjut dari kepolisian terkait implementasi pelat nomor putih ini.

Taslim mengungkapkan bahwa kendaraan yang ingin mengganti pelat nomor putih harus menunggu masa berlaku pelat nomor hitamnya habis. Pasalnya menurutnya, jumlah stok pelat hitam masih banyak di sejumlah daerah sehingga akan dihabiskan lebih dahulu.

"Awalnya saya prediksi di pertengahan Juni sudah mulai digunakan, tapi ternyata stok masih ada. Ini bukan bermaksud main-main, melainkan sekadar prediksi," tutur dia.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI