Sukabumi Update

Bisa Menghemat BBM, Ini Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak pengemudi yang kurang memperhatikan tekanan angin ban mobil mereka karena berbagai alasan. Namun, memastikan tekanan angin tetap ideal merupakan hal penting.

Dengan tekanan angin yang pas diketahui bisa membantu menghemat konsumsi bahan bakar, karena saat ban kekurangan angin maka akan menyebabkan beban mobil bertambah sehingga konsumsi bahan bakar semakin boros.

Selain itu, mengemudi dengan tekanan angin ban yang kurang merupakan salah satu penyebab terbesar kerusakan ban.

Baca Juga :

Untuk itu, penting mengetahui tekanan angin ban yang ideal, karena setiap mobil memiliki ukuran tekanan angin yang berbeda. Melansir dari Suara.com, cara mengetahui tekanan angin pada ban mobil yakni sebagai berikut:

Mencermati Tire-Loading Information (Informasi Tekanan Ban) yang umumnya terletak di frame pilar pintu bagian depan kanan mobil, tepatnya di pintu pengemudi.

Lalu, Anda buka pintu bagian kanan depan pengemudi. Tepat sebelah kanan di bawah jok pengemudi, Anda bisa melihat stiker kotak berisi informasi tekanan ban.

Namun perlu diingat bahwa tekanan angin ban mobil yang ideal dipengaruhi situasi serta faktor-faktor lainnya. Adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tekanan ban mobil yang ideal yaitu berat yang diangkut.

Semakin berat bebannya, maka harus ditingkatkan pula tekanan bannya.

photo(Ilustrasi) pengisian tekanan angin ban mobil. - (Pixabay)</span

Contohnya, jika dalam mobil All New Kijang Innova berisi 7 orang, tekanan ban normal yang mulanya 33 psi harus ditingkatkan menjadi 36 Psi.

Jadi, berapa banyaknya tekanan angin ban yang dibutuhkan ini tergantung dari sejumlah faktor, seperti: jenis kendaraan, jenis ban, tujuan penggunaan kendaraan, dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai tekanan angin ban mobil yang ideal yang perlu diketahui para pemilik mobil agar tetap nyaman digunakan dalam berbagai medan.

SUMBER: SUARA.COM/Ulil Azmi

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI