Sukabumi Update

Jangan Diabaikan, 5 Fungsi Oli Gardan pada Kendaraan Matik

SUKABUMIUPDATE.com - Kendaraan matik baik itu motor maupun mobil pasti memerlukan oli gardan. Namun, sebagian pemilik kendaraan kurang memperhatikan oli gardan padahal memiliki fungsi yang tak kalah penting dari oli mesin.

Melansir dari Suara.com, fungsi oli gardan sendiri cukup krusial dalam rangka menjaga optimalnya kerja mesin.

Secara umum oli adalah untuk membuat komponen mesin menjadi licin dan tidak lekas rusak. Tapi secara spesifik, berikut fungsi oli gardan pada mesin bertransmisi otomatis.

Baca Juga :

1. Mengurangi Potensi Overheat Mesin

Suhu gardan kendaraan yang terjaga dengan baik membuat performa mesin tetap terjaga. Komponen gardan rawan mengalami pemuaian ketika kondisinya terlalu panas, dan bisa membuat mesin menjadi overheat.

Oli gardan secara langsung akan membantu menjaga suhu mesin gardan tetap di batas wajar sehingga mesin lebih awet dan tidak cepat rusak. Maka dari itu, penggantian dan pengisian oli ini wajib dilakukan tepat waktu.

2. Melindungi Gesekan pada Komponen Gardan

Ketika kendaraan Anda digunakan, maka akan ada gesekan pada komponen mesin termasuk gardan. Penggunaan oli yang ideal dapat membantu mengurangi gesekan ini sehingga komponen mesin dan gardan tetap terjaga kondisinya.

Ketika gesekan yang terjadi terlalu keras, komponen mesin cenderung akan lekas rusak dan menimbulkan suhu tinggi. Ini mengapa, penggunaan oli gardan penting untuk motor dan mobil matic, sehingga mesin bisa terjaga kondisinya.

photo(Ilustrasi) Oli gardan. - (iStock)</span

3.Melumasi Komponen Transmisi

Pada mobil matic, fungsi oli gardan krusial untuk melapisi komponen transmisi. Gardan yang memiliki peran untuk mengatur kecepatan putaran roda perlu mendapatkan pelumas yang ideal, sehingga bisa digunakan dengan optimal.

Hal ini paling terasa ketika mobil sedang berbelok, maka kecepatan kedua sisi roda akan disesuaikan sehingga manuver yang dilakukan bisa terasa nyaman.

4. Mengurangi Suara Bising

Suara bising yang muncul sering terjadi akibat gir transmisi mengalami kerusakan. Akibatnya, kendaraan terasa tidak nyaman dan sangat berisik. Fungsi oli gardan selanjutnya adalah menjaga agar mesin tetap halus dan tidak mengeluarkan suara berisik.

5. Melumasi Gear Ratio

Fungsi gear ratio dalam kendaraan bertransmisi otomatis sangat penting, sehingga perlu dijaga dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Pelumasan dengan oli gardan bisa membantu kondisinya terjaga, sehingga bagian ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dan risiko kerusakan bisa dikurangi secara drastis.

SUMBER: SUARA.COM/I Made Rendika Ardian

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI