Sukabumi Update

5 Hal yang Menyebabkan AC Mobil Hasilkan Bau Apek di Kabin

SUKABUMIUPDATE.com - AC mobil menjadi salah satu komponen penting dalam menunjang kenyamanan berkendara, namun terkadang kenyamanan terganggu akibat AC (Air Conditioner) mengeluarkan bau apek.

Karena itu perawatan AC mobil perlu dilakukan secara berkala dengan servis rutinan.

Melansir dari Tempo.co, menurut laman Auto2000 ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau apek.

Baca Juga :

1. Freon AC yang Hampir Habis

Freon adalah senyawa kimia yang biasa digunakan pada pendingin ruangan, termasuk AC mobil. Apabila mobil lama digunakan, freon juga akan berkurang. Freon yang hampir habis dapat memicu bau apek pada AC mobil. Gejala lain freon akan habis seperti AC tidak dingin.

2. Filter Kotor

Filter AC mobil yang kotor akan membuat AC tidak bekerja dengan baik, mulai AC tidak dingin hingga menimbulkan bau yang tidak sedap di kabin mobil.

Filter AC bisa jadi terlihat bersih dari luar, tetapi terlihat kotor di dalam karena penumpukan debu. Debu dan kotoran yang menumpuk akan menimbulkan jamur, yang menyebabkan bau tidak sedap.

photo(Ilustrasi) AC mobil - (Pixabay.com ninofficialphotography)</span

3. Evaporator AC Berjamur

Debu dan kotoran yang menumpuk bisa masuk ke dalam sistem AC mobil, tepatnya pada evaporator. Jika evaporator AC mobil tidak dibersihkan secara berkala maka evaporator akan berjamur. Jamur ini yang menyebabkan AC mobil bau tidak sedap.

4. Kerusakan Tangki Bahan bakar

Bau tidak sedap dari AC mobil bisa saja berupa aroma bensin. Ini terjadi karena kerusakan pada tangki bensin mobil. Tutup tangki bensin yang kendor biasanya menjadi penyebab utama bau di dalam kabin mobil.

Ketika mobil dinyalakan, Bau bensin semakin tercium karena embusan AC mobil.

5. Grill Mobil Kotor

Grill adalah komponen mobil pada dashboard yang mirip lubang ventilasi. Grill juga berfungsi sebagai filter udara di kabin mobil. Jika grill mobil kotor, dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Ketika AC mobil dinyalakan bau ittu akan semakin menyebar dan mengganggu kenyamanan. Grill yang kotor biasanya disebabkan debu dan kotoran.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI