Sukabumi Update

Tips Kendarai Mobil di Turunan, Belajar dari Kecelakaan di Tanjakan Dini Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Tanjakan Dini Sukabumi, kali ini sebuah mobil pengangkut wisatawan oleng dan tidak terkendali lalu mobil menabrak pagar pengaman jalan dan terbalik.

Diduga mobil mengalami rem blong saat melewati di salah satu turunan yang berada di jalur sabuk Geopark Ciletuh itu.

Akibat kecelakaan tersebut, satu penumpang mobil dinyatakan meninggal. Di lokasi yang disebut sebagai Tanjakan Dini itu memang sudah beberapa kali terjadi kecelakaan serupa.

Baca Juga :

Lalu bagaimana cara mengemudi melewati turunan curam yang baik agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan semacam itu?

Berikut beberapa tips yang sebaiknya dilakukan saat melewati turunan curam seperti dirangkum dari berbagai sumber.

photo(Ilustrasi) Rem merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mobil dan menjadi komponen penunjang keselamatan saat berkendara - (iStock)</span

Saat Mengendarai Mobil Manual

Cara pertama yang dilakukan melewati turunan menggunakan mobil manual yaitu menurunkan gigi terlebih dahulu. Usahakan turunkan pada posisi gigi 2 dan biarkan mesin melakukan pengereman. Selanjutnya, tekanlah rem sedikit-sedikit untuk menjaga rpm pada titik aman.

Tidak perlu menekan rem terlalu dalam untuk mencegah rem mengalami panas berlebih, karena jika terlalu panas rem berpotensi mengalami blong.

Jika merasa mobil terlalu cepat, maka turunlah pada gigi 1. Jika turunan dirasa sangat curam sebaiknya gunakan gigi 1 saja dalam hal ini, karena mobil tidak akan melaju cepat ketika menggunakan gigi 1.

Memang mobil akan terasa lebih bergetar saat berkendara di gigi 1, tapi hal tersebut tidak masalah dilakukan hingga mobil berhasil melewati turunan.

Mengendarai Mobil Matik

Pada mobil matic juga bisa melakukan engine brake agar tidak terlalu menginjak pedal rem karena khawatir terjadi vapor lock atau rem menjadi panas dan minyak rem mendidih sehingga uap airnya bisa membuat rem blong.

Pada beberapa tipe mobil matic juga memiliki engine brake pada low gear. Ada yang di L atau di posisi tuas 2.

Engine brake dapat digunakan dengan memindahkan tuas transmisi dari D ke 2 atau L. Kamu bisa melakukannya saat kecepatan rendah tidak lebih dari 30 km/jam (kpj) agar tidak overspeed.

Selalu Cek Kondisi Mobil Sebelum Berkendara

Selalu biasakan mengecek kondisi mobil sebelum mulai berkendara apalagi jika akan melakukan perjalanan jauh. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya masalah di perjalanan terutama komponen rem, dimana rem menjadi salah satu komponen penunjang keselamatan.

Cek kondisi kampas rem, minyak rem maupun selang rem untuk memastikan tidak adanya kebocoran yang dapat menyebabkan rem blong.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI