Sukabumi Update

Radiator Motor Mampet, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Radiator merupakan salah satu komponen pada sistem pendinginan termasuk pada sepeda motor yang menggunakan sistem pendinginan cair.

Seperti diketahui ada beberapa sistem pendinginan yang digunakan pada sepeda motor dan sistem pendinginan yang menggunakan cairan kini semakin banyak beredar di pasaran.

Melansir dari Suara.com, awalnya sistem pendinginan seperti ini hanya diterapkan pada motor sport performa tinggi, untuk memaksimalkan pendinginan mesin.

Namun kini, penggunaan pendingin cairan atau radiator sudah merambah ke semua jenis sepeda motor, termasuk jenis bebek dan skuter matik.

Baca Juga :

Radiator sendiri berfungsi sebagai media pelepasan panas dari cairan pendingin atau coolant.

Coolant suhu tinggi yang bersirkulasi di mesin, akan melewati jalur air di radiator (radiator core), kemudian didinginkan oleh hembusan angin. Setelah melewati radiator, suhu coolant akan lebih rendah sehingga bisa mendinginkan mesin yang sedang beroperasi.

Karena fungsinya yang sangat vital, kondisi radiator juga harus selalu diperhatikan. Sebab salah satu penyebab kegagalan fungsi radiator adalah mampet dan bocor.

Berikut penyebab radiator motor mampet dan cara penanganannya, seperti dikutip dari laman Deltalube:

photo(Ilustrasi) Pengisian air radiator pada sepeda motor. - (ist)</span

1. Faktor eksternal

Pada sepeda motor jenis sport dan bebek, radiator umumnya ditempatkan pada bagian depan motor, untuk menangkap udara sebanyak-banyaknya. Posisinya biasanya berdekatan dengan ban depan.

Dengan posisi ini, radiator sangat rentan terhadap benturan batu, kerikil, atau objek asing lainnya. Jika batu membentur radiator, radiator core bisa jadi penyok dan akan menyumbat aliran coolant.

Cara pencegahannya adalah memasang radiator grille tambahan pada sisi muka radiator. Tapi ingat, pilih radiator grille yang punya cukup lubang agar proses pendinginan tidak terganggu.

Sangat tidak dianjurkan juga, untuk memodifikasi area spakbor depan yang dipotong area belakangnya, atau diganti yang lebih kecil. Akibatnya akan sangat minim menghalau pentalan kerikil dari roda depan.

2. Faktor internal

Penyebab radiator mampet lainnya adalah tumpukan kerak pada jalur internal radiator core. Kerak ini umumnya ditimbulkan dari karat akibat penggunaan air biasa.

Serpihan gram halus dari komponen yang hancur karena karat, akan terperangkap di radiator core dan membuatnya jadi mampet. Untuk itu, kalian wajib menggunakan radiator coolant dan bukan air biasa.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI