Sukabumi Update

Kurangi Konsumsi BBM Bersubsidi, Penjualan Mobil dan Motor Mesin Bensin Bakal Distop

SUKABUMIUPDATE.com - Guna mengurangi konsumsi BBM bersubsidi, pemerintah berencana menghentikan penjualan mobil dan motor yang menggunakan mesin bensin serta akan lebih fokus pada kendaraan listrik.

Mengutip dari Tempo.co, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menghentikan penjualan mobil dan motor berbahan bakar bensin untuk mengurangi penggunaan BBM bersubsidi.

Menurut Luhut, banyaknya pengguna mobil dan motor mesin bensin membuat biaya subsidi BBM naik terus.

Baca Juga :

"Saya meminta tim teknis yang terdiri dari lintas kementerian/lembaga agar menerapkan kebijakan yang setara atau lebih baik dari negara lain demi mendorong percepatan adaptasi penggunaan EV," tulis Luhut via akun Instagram pribadinya, dikutip Tempo hari ini, Senin, 12 September 2022.

Menurut Luhut, pembatasan penjualan mobil dan motor mesin bensin lalu beralih ke kendaraan listrik bisa mengurangi ketergantungan pemakaian BBM bersubsidi.

Emisi CO2 pun ditargetkan turun 40 juta ton pada 2030. Sedangkan tantangan kendaraan listrik di Indonesia adalah harga yang masih mahal.

photo(Ilustrasi) Mobil listrik - (Unplash dcbel)</span

"Pemerintah sedang merumuskan berbagai kebijakan mengenai pemberian insentif bagi kendaraan EV roda dua dan roda empat," ujarnya.

Pembatasan penjualan mobil dan motor bensin sejalan dengan road map atau peta jalan Indonesia untuk menciptakan net zero emission (NZE) pada 2060.

Pada 2050, pemerintah mengharapkan pemanfaatan EBT bisa mencapai 87 persen dan dibarengi penghentian penjualan mobil mesin bensin. Ini artinya, mulai 2050 mobil bensin sudah tidak akan dijual dan bakal digantikan dengan mobil listrik.

Pemerintah Indonesia pada 2027 juga menargetkan penggunaan mobil listrik 2 juta unit dan 13 juta unit untuk motor listrik.

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI