Sukabumi Update

4 Kelebihan Mobil Gunakan Pertamax Turbo yang Harganya Baru Saja Naik

(Ilustrasi) Mobil sedang mengisi BBM jenis Pertamax Turbo | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - PT Pertamina (Persero) pada Kamis (1/12/2022) resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi salah satunya yaitu Pertamax Turbo.

Kenaikan tersebut bervariasi, seperti misalnya di Jawa Barat, harga Pertamax Turbo menjadi Rp 15.200 per liter dari yang sebelumnya Rp 14.300 per liter, atau naik Rp 900 per liter.

Bahan bakar ini menjadi salah satu dari beberapa jenis BBM yang memiliki nilai RON tertinggi dan diklaim memiliki sederet kelebihan.

Baca Juga: 1 Desember 2022, Pertamina Naikkan Harga 3 Jenis BBM

Lalu apa saja kelebihan yang dimiliki Pertamax Turbo saat digunakan pada kendaraan? Berikut beberapa poin kelebihan BBM berwarna merah yang satu ini seperti dikutip dari Suara.com.

1. Berpengaruh pada Performa Mesin

Penggunaan Pertamax Turbo diyakini dapat membantu kendaraan Anda mencapai titik paling optimalnya sehingga sangat baik untuk performa mesin.

Misalnya seperti pada mesin kendaraan kelas premium atau sports, Anda bisa merasakan lonjakan akselerasi mesin yang masif saat menggunakan BBM jenis ini.

Apalagi kendaraan dengan mesin yang memiliki kompresi tinggi memerlukan bahan bakar dengan oktan tinggi pula.

Baca Juga: Bansos Subsidi BBM untuk Angkot, Pemkab Sukabumi Gelontorkan Rp 801 Juta

2. Teknologi Ignition Boost Formula

Teknologi Ignition Boost Formula atau IBF jadi kelebihan Pertamax Turbo berikutnya. IBF ini dapat memaksimalkan kecepatan yang dimiliki kendaraan, dan menyempurnakan pembakaran pada mesin.

Selain itu teknologi ini juga membantu kendaraan menjadi lebih responsif.

3. Sisa Pembakaran Rendah

Pembakaran sempurna yang terjadi pada bagian mesin akan menyebabkan sumber daya yang dimiliki Pertamax Turbo bisa secara maksimal dikonversi menjadi tenaga untuk berakselerasi.

Baca Juga: Pembatasan BBM Subsidi, Ini Daftar Mobil di Bawah 1.400 cc yang Boleh Isi Pertalite

Selain itu pembakaran yang sempurna juga menjadikan limbah akibat pembakaran yang dihasilkan menjadi lebih rendah. Pada percobaan, tercatat bahwa Pertamax Turbo telah memenuhi standar EURO 4, yang artinya menjadi salah satu bahan bakar ramah lingkungan.

4. Baik Untuk Kebersihan Mesin

Pertamax Turbo diklaim dapat membantu Anda menjaga kondisi mesin dari karat atau endapan yang terjadi akibat penggunaan harian. Selain itu, BBM jenis ini juga akan membantu membersihkan bagian dalam mesin sehingga lebih awet untuk penggunaan jangka panjang.

Sumber: Suara.com/I Made Rendika Ardian

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT