Sukabumi Update

Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Tips Aman Berkendara dengan Mobil

Ilustrasi berkendara naik mobil di cuaca ekstrem. | (Sumber : Pixabay.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Cuaca ekstrem diprediksi oleh BMKG bakal melanda beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, bagi Anda yang disibukan aktivitas di luar rumah dengan menggunakan kendaraan mobil, harus tahu tips amannya.

Merangkum berbagai sumber, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mengingatkan warga yang berada di beberapa titik untuk tidak bepergian saat cuaca ekstrem.

Namun mengingat kebutuhan dan rutinitas, maka sulit bagi sebagian orang untuk mematuhinya. Agar tak terjadi hal-hal yang merugikan, perhatikan beberapa tips di bawah ini ketika kalian bepergian saat cuaca ekstrem.

Tips Aman Naik Mobil Saat Cuaca Ekstrem

Dikutip dari Suara.com, berikut ini beberapa tips aman naik mobil saat cuaca ekstrem yang bisa Anda ikuti demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

1. Lampu Harus Menyala

Ketika hujan lebat, jarang pandang kita menjadi terbatas sehingga menyalakan lampu kendaraan menjadi hal yang sangat penting.

Baca Juga: Apakah Motor Listrik Aman Digunakan saat Hujan? Simak 5 Faktanya

Selain membantu agar bisa melihat lebih leluasa, sinar lampu juga menjadi tanda bagi pengendara lainnya agar lebih hati-hati karena ada kendaraan yang sedang melintas.

2. Kurangi Kecepatan

Turunkan kecepatan kendaraan sekitar 20 persen atau umumnya menjadi 20-30 km per jam. Hujan deras juga membuat kondisi jalanan lebih licin dari biasanya sehingga kendaraan lebih sulit dikendalikan.

Baca Juga: Sering Terjadi Cuaca Ekstrem, 5 Tips Naik Motor saat Hujan Jangan Asal Gas

3. Berhenti di Tempat Aman

Jika hujan dirasa terlalu lebat dan sulit ditembus, jangan paksakan diri. Hentikan perjalanan sejenak dan carilah tempat yang aman. Hindari tempat berbahaya seperti sekitaran papan reklame atau pohon besar.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Cuaca Ekstrem

4. Tetap Tenang dan Fokus

Usahakan untuk tetap tenang dan fokus meskipun cuaca sedang tak bersahabat. Minum selalu air putih untuk menyegarkan kondisi tubuh dan selalu pantau perkembangan melalui situs resmi pemerintah seperti BMKG.

5. Tubuh Sehat

Paling penting dari tips semuanya adalah kondisi tubuh harus dalam kondisi sehat atau prima. Pasalnya, mengemudi di tengah cuaca ekstrem membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Baca Juga: BMKG: Waspada 14 Daerah di Indonesia Potensi Cuaca Ekstrem, Ini Daftarnya

Itulah tips aman naik mobil saat cuaca ekstrem. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan sebelum menerobos cuaca ekstrem.

Sumber: Suara.com (Rima Suliastini)

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT