Sukabumi Update

Jangan Anggap Sepele! Ini 5 Dampak Buruk Telat Ganti Oli Mesin

Ilustrasi - Jangan Anggap Sepele! Ini 5 Dampak Buruk Telat Ganti Oli Mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ aleksandarlittlewolf.)

SUKABUMIUPDATE.com - Oli mesin adalah komponen penting dalam sebuah kendaraan yang mesti diperhatikan. Memiliki fungsi sebagai pelumas, oli mesin wajib diganti secara berkala agar mesin kendaraan awet.

Oli mesin dalam kendaraan fungsinya sangat vital, oleh karenanya agar mesin kendaraan bisa awet dan tahan lama, wajib mengganti oli mesin secara berkala.

Sebab, jika oli mesin telat diganti sangat beresiko terhadap performa mesin. Dan jika hal itu terus diabaikan maka akan berdampak buruk pada kendaraan.

Baca Juga: Cerita Pelawak Parto Diajak Berburu di Sukabumi, Simak Keseruannya

Oli mesin sendiri jika pada mobil harus segera diganti ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 km, atau perkiraan dalam satuan waktu setiap enam bulan sekali.

Pergantian oli mesin pada mobil bisa dilakukan lebih cepat jika pemakaian kendaraan dilakukan intens setiap waktu.

Lantas, apa yang terjadi jika oli mesin telat diganti? Berikut ada beberapa dampak buruk yang terjadi saat kendaraan telat ganti oli mesin.

1. Bahan Bakar Jadi Boros

Telat ganti oli mesin membuat gesekan mesin semakin kuat dan tarikan bakal semakin berat pula. Mesin akan dipaksa bekerja lebih keras lagi. Nah, hal itu yang bikin bahan bakar terkuras oleh mesin kendaraan.

Baca Juga: Persib Bandung vs Persis Solo: Susunan Pemain, Head to Head dan Prediksi Skor

2. Suara dan Getaran Mesin Tidak Nyaman atau Kasar

Salah satu faktor telat ganti oli mesin adalah suara mesin yang kasar getaran pada kendaraan yang tidak nyaman. Kondisi itu bisa disebabkan oli mesin yang sudah encer yang mengakibatkan gesekan mobil terasa kasar.

3. Mesin Cepat Panas

Mesin cepat panas atau overheating salah satunya disebabkan karena telat ganti oli mesin secara berkala. Oli selain untuk pelumas, memiliki fungsi sebagai pendingin mesin. Jika oli tidak diganti secara teratur maka akan berefek pada mesin kendaraan.

Baca Juga: Telat Sahur, Apa Masih Boleh Minum Saat Adzan Subuh? Ini Kata Ulama

4. Penurunan Performa Mesin Kendaraan

Oli mesin yang sudah lama tidak diganti, bentuknya akan berubah jadi encer dan bercampur dengan kotoran. Situasi tersebut jika terus dibiarkan membuat mesin cepat rusak dan perlahan-lahan kinerjanya semakin turun.

Baca Juga: 5 Artis Ini Mantap Jadi Mualaf Karena Sering Mendengar Kumandang Adzan Subuh

5. Mesin Kotor dan Berkerak

Oli yang tidak diganti dan terus dibiarkan, akan memunculkan kotoran yang disebabkan gesekan oli. Kotoran itu nantinya akan berubah jadi kerak dan terus bercampur dengan oli. Akibatnya oli mesin menghitam dan membuat performa mesin jadi cepat lemah.

Sumber: techverse.asia

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT