Sukabumi Update

5 Tips Hemat BBM Mobil Matik dan Manual Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi. Berikut tips hemat BBM mobil saat mudik lebaran yang bisa dilakukan sebelum dan selama di perjalanan (Sumber : iStock)

SUKABUMIUPDATE.com - Pulang ke kampung halaman atau biasa dikenal dengan mudik menjadi salah satu tradisi Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Kendaraan pribadi seperti mobil masih menjadi pilihan banyak orang lantaran dianggap lebih praktis. Namun, mudik menggunakan kendaraan pribadi tidak selalu lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

Salah satu biaya terbesar saat mudik dengan mobil pribadi adalah biaya bahan bakar. Apalagi untuk kendaraan yang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar tinggi alias boros tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemudik.

Nah untuk menyiasati hal tersebut, melansir dari Tempo.co, berikut tips-tips yang bisa dilakukan agar konsumsi bahan bakar kendaraan lebih irit saat mudik lebaran.

Baca Juga: Mengenal Jalur Pansela, Rute Mudik Alternatif Untuk Hindari Macet

1. Gunakan eco mode

Mobil keluaran Hyundai dilengkapi dengan fitur drive mode yang dapat digunakan untuk menyesuaikan mode berkendara sesuai dengan preferensi pengemudi. Jika sedang dalam kondisi santai, Anda dapat menggunakan Eco Mode.

Eco Mode akan mengatur respons pedal gas dan transmisi agar seirit mungkin sehingga dapat menekan konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: 5 Cara Cegah Microsleep saat Mudik Lebaran yang Jadi Dalang Kecelakaan

2. Perhatikan posisi gigi

Ketika Anda menggunakan mobil manual, posisikan gigi pada posisi tertinggi. Disarankan untuk melakukan oper gigi pada RPM 2.000 dan jaga RPM supaya tetap stabil tenpa gas terlalu dalam supaya irit. Namun, tetap perhatikan kontur jalanan yang dilalui.

3. Cek rutin tekanan ban

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi konsumsi BBM adalah tekanan ban. Oleh karena itu, selalu cek tekanan ban. Angka di atas 35 PSI adalah angka yang cukup baik untuk ban. Ban yang kempes juga lebih beresiko pecah karena lebih cepat panas.

Baca Juga: Truk Besar Dilarang Melintas di Sukabumi saat Mudik Balik Lebaran 2023, Ini Aturannya!

4. Jangan bawa muatan berlebih

Muatan yang berlebih dapat memberikan beban tambahan pada mobil sehingga mobil bekerja lebih keras dan dapat berakibat pada mobil yang lebih boros BBM.

5. Jaga kecepatan

Menjaga kecepatan ketika berkendara, baik mobil matik maupun manual memiliki dampak yang baik untuk konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: Mau Mudik? Ini 5 Makanan yang Wajib Dibawa Untuk Cegah Mabuk Perjalanan

Pada kecepatan konstan atau ketika gas hanya perlu disentuh sedikit untuk menjaga kecepatan, beban mesin berada di posisi paling ringan sehingga mesin akan mengonsumsi lebih sedikit BBM.

Menjaga kecepatan berpengaruh signifikan dalam konsumsi BBM selama perjalanan panjang seperti arus mudik lebaran saat ini.

Sumber: Tempo.co (Hyundai)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT