Sukabumi Update

Setelah Dipakai Mudik Lebaran, Apakah Mobil Harus Ganti Oli Mesin? Ini Jawabannya

Ilustrasi. Oli mesin mobil menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat kendaraan telah digunakan mudik lebaran | Foto: Pixabay/Skica911

SUKABUMIUPDATE.com - Saat mudik lebaran, banyak pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil untuk pulang ke kampung halaman. Salah satu alasan kendaraan pribadi dipilih karena dianggap lebih praktis.

Namun, saat digunakan untuk mudik, mobil tentunya akan menempuh perjalanan jauh. Karena itu ada beberapa komponen mobil yang harus diperiksa salah satunya oli mesin.

Banyak yang menganggap oli mesin mobil harus diganti setelah mobil digunakan untuk mudik. Lalu, apakah anggapan itu benar?

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Mobil Terbakar di Jalanan, Selalu Sedia APAR di Mobil

Melansir dari Tempo.co, sejumlah komponen mobil memang berpotensi mengalami masalah setelah penggunaan berat. Setelah mobil digunakan mudik Lebaran 2023, Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau Edwin Dwi Novianto memberikan penjelasannya.

Menurut dia, mobil setelah dipakai mudik lebaran tidak wajib ganti oli mesin. Ganti oli mesin mobil dilakukan dengan memperhitungkan waktu ganti oli terakhir dan jarak ditempuh.

"Penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan sesuai jadwal penggantian, yaitu 10.000 km untuk mobil bensin dan 5.000 km untuk mobil mesin diesel,” ujar Edwin kepada Tempo, hari ini, Rabu, 26 April 2023.

Baca Juga: 7 Tips Hemat BBM Mobil Saat Perjalanan Mudik Lebaran Idul Fitri

Edwin menjelaskan dalam kondisi tertentu, seperti jalan terjal, muatan penuh, jalan macet, ganti oli mesin mobil bisa dilakukan lebih awal agar mesin tetap prima.

Pelanggan bisa ke bengkel dealer mobil Toyota Auto2000 jika ada keluhan lain pada saat mudik lebaran," ucap Edwin.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT