Sukabumi Update

Mengenal Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Jokowi yang Dipakai Trabas Jalan Rusak Lampung

Mercedes-Benz S600 Guard yang dipakai Jokowi melintasi jalan rusak di Lampung | Foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

SUKABUMIUPDATE.com - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Lampung menjadi perhatian publik, setelah orang nomor satu Indonesia dan rombongannya itu diketahui melintasi jalan rusak yang ada di Lampung.

Presiden Jokowi terlihat menumpang mobil jenis sedan Mercedes-Benz S600 Guard yang merupakan mobil kepresidenan (RI 1). Momen tersebut juga dibagikan akun Instagram resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia @sekretariat.kabinet pada Jumat, (5/5/2023).

“Presiden Joko Widodo tinjau ruas jalan di Provinsi Lampung pada Jumat 5 Mei 2023 siang. Jalan yang ditinjau adalah Jalan Terusan Ryacudu Kabupaten Lampung Selatan,” tulis keterangan di akun tersebut.

Dalam foto yang dibagikan terlihat Jokowi duduk di kursi belakang didampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Kaca jendela mobil juga terlihat diturunkan.

Baca Juga: 5 Tips Hemat BBM, Jaga Tekanan Ban Hingga Hindari Bawa Beban Lebih

Cuaca terlihat cukup terik saat Mercedes-Benz S600 Guard melintas. Namun masih terlihat genangan air di beberapa lubang jalan yang ada di jalan tersebut.

Bahkan dalam video yang beredar mobil yang ditumpangi Jokowi itu terlihat melaju pelan sambil meliuk-liuk menghindari lubang jalan hingga mengakibatkan sedan hitam itu berguncang.

Mungkin banyak yang penasaran dengan spesifikasi mobil yang digunakan Presiden Jokowi untuk menerabas jalan rusak di wilayah Lampung tersebut. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Indonesia Akan Punya Lampu Lalu Lintas yang Dapat Mendeteksi Kemacetan

Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard

Melansir dari berbagai sumber, Mercedes-Benz S600 Guard merupakan merupakan mobil kepresidenan terdahulu. Sedan hitam ini diketahui memiliki spesifikasi cukup mumpuni untuk menjadi kendaraan presiden baik dari performa maupun keamanan.

Mercedes-Benz S600 Guard dibekali mesin biturbo 12 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 517 HP (Horse Power). Dengan tenaga sebesar itu menjadikan sedan ini mampu melaju sangat kencang saat dihadapkan dalam situasi darurat.

Untuk mendukung hal tersebut, mobil ini menggunakan transmisi 7-percepatan dan memiliki kapasitas tangki 80 liter. Selain itu pihak pabrikan juga menyematkan sejumlah fitur keselamatan seperti sistem pengereman front brake dan rear brake ventilated disc dengan brake assist, Suspensi Airmatic depan dan belakang, serta sistem kemudi electric power steering.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Perjalanan Jauh, Harga di Bawah Rp 100 Juta

Mengingat mobil ini digunakan untuk membawa penumpang VVIP, Mercedes-Benz S600 Guard dilengkapi perlindungan tertinggi dan telah direkayasa hingga tingkat ketahanan B6/B7.

Armor body mobil ini dikabarkan tahan terhadap proyektil senjata kecil standar militer dan memberikan perlindungan terhadap pecahan granat tangan dan bahan peledak lainnya.

Tak hanya itu, fitur keamanan lain juga dibenamkan termasuk run-flat tyre, tangki bahan bakar self-sealing dan sistem pemadam kebakaran.
Itulah sekilas tentang spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard yang digunakan Presiden Jokowi trabas jalan rusak di Lampung

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT