Sukabumi Update

8 Tips Merawat AC Mobil Agar Awet dan Performanya Tetap Terjaga

8 Tips Merawat AC Mobil Agar Awet dan Performanya Tetap Terjaga. | (Sumber : Freepik.com/@wirestock.)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat cuaca panas bekendara dengan mobil tanpa air conditioner (AC) adalah sesuatu yang buruk dan akan menimbulkan ketidaknyamanan. Sebab, hampir semua orang akan menggunakan AC saat melakukan perjalanan pendek maupun jauh.

AC tidak hanya berfungsi agar kabin tetap sejuk saja, melainkan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan panas. Nah, karena sering digunakan, maka merawat AC adalah suatu keharusan.

Perawatan rutin untuk menjaga performa AC tetap baik merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan. Berikut ini ada beberapa tips merawat AC yang dikutip via Tempo.co.

1. Melepas Panas yang Ada di Dalam Mobil

Mengutip Gadgets Now, disarankan untuk melepaskan panas yang ada di kabin mobil sebelum menyalakan AC. Membuka kaca mobil sebelum menyalakan AC membantu melepaskan panas yang terperangkap di dalam mobil.

Baca Juga: 5 Penginapan Murah di Sukabumi di Bawah Rp300 Ribuan, Cocok Untuk Backpacker!

Cara ini berguna mengurangi suhu mobil dan membantu cepat dingin.

2. Selalu Memarkirkan Mobil di Tempat Teduh

Jika memungkinkan memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung meningkatkan suhu kabin. Itu berguna untuk tujuan pendinginan yang lebih baik. Cara itu tidak hanya membantu menghindari penumpukan panas yang berlebihan, tapi juga memungkinkan AC mendinginkan mobil secara efisien.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

3. Membersihkan Kondensor AC Mobil

Kondensor AC berfungsi mendinginkan kembali refrigeran dengan melepaskan kelebihan panas ke aliran udara di sekitarnya. Kondensor bisa tersumbat debu dan kotoran seiring waktu.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laundry Pakaian di Kota Sukabumi, Cocok Untuk yang Males Nyuci!

4. Mode Resirkulasi

Setelah menyalakan AC mobil, dialihkan ke mode resirkulasi jika tersedia untuk memastikan AC tidak menarik udara luar dan tetap membuat sirkulasi udara kabin untuk pendinginan lebih baik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko HP di Sukabumi yang Terpercaya, Lengkap dengan Alamatnya!

5. Selalu Servis AC mobil

Sama halnya seperti bagian mobil lainnya, AC mobil perlu mendapat perawatan berkala. Rutin menyervis AC mobil membantu memastikan kondisinya untuk menjaga kinerjanya tetap bagus.

6. Mencegah Udara Dingin keluar dari Kabin

Penting untuk memastikan semua jendela dan pintu mobil tertutup sepenuhnya. Ini memastikan semua udara dingin tetap berada di dalam kabin agar mobil menjadi sejuk dengan cepat dan menjaga konsistensinya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Colt Mini L300 Bogor-Sukabumi, Angkutan Super Ngebut!

7. Membersihkan Filter AC

Filter udara yang tersumbat di sistem AC mobil mengurangi efektivitas pendinginan secara signifikan. Hal ini juga menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Untuk menghindari masalah tersebut, disarankan untuk membersihkan filter AC mobil secara rutin.

8. Efisiensi pendinginan AC

Efisiensi pendinginan AC mobil yang terbaik bukan saat dijalankan dalam pengaturan maksimum. Menyalakan AC mobil dalam suhu dan kecepatan optimal memastikan efisiensi pendinginan yang lebih baik.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kena Prank, Ini Macam-Macam Arti Bunyi Peluit Wasit Sepakbola

Merujuk Bureau of Energy Efficiency (BEE), 24 derajat suhu ideal untuk tubuh manusia, AC apa pun akan membutuhkan lebih sedikit beban untuk mencapai target tersebut dibandingkan dengan pengaturan suhu terendah.

Sumber: Tempo.co

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT