Sukabumi Update

Poktan Mandrajaya Laporkan Mantan Kades di Sukabumi, Apa Itu Hand Traktor?

Second Hand Traktor | Poktan Mandrajaya Laporkan Mantan Kades di Sukabumi (Sumber : Instagram/@chandinath_tractor)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang mantan kepala desa (kades), AAH, dilaporkan ke polisi oleh kelompok tani (Poktan) di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/10/2023). Laporan mantan kades setempat tersebut terkait janji bantuan Traktor yang tidak terealisasi hingga saat ini. 

Dihimpun sukabumiupdate.com sebelumnya, awal mula persoalan bantuan Traktor di Desa Mandrajaya yakni pada tahun 2018 silam. Kala itu para petani dikumpulkan di Desa oleh AAH (mantan kades) dan dijanjikan bantuan Hand Traktor sebanyak 16 unit.

Salah satu warga Poktan Desa Mandrajaya mengatakan, pemberian uang muka sebesar lima juta rupiah sudah dilakukan, namun pemerintah desa tak kunjung ada kejelasan. Imbas hal itu, Poktan Desa Mandrajaya merasa tertipu terkait bantuan Hand Traktor oleh terlapor, yakni mantan kades di Sukabumi.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Berkaitan dengan kasus yang dilaporkan Poktan Desa Mandrajaya Sukabumi, mari mengenal apa itu Hand Traktor, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Traktor

Traktor adalah kendaraan beroda yang digunakan dalam pertanian, konstruksi, dan berbagai aplikasi lain untuk menarik atau menggerakkan berbagai jenis alat atau mesin. Sementara Hand traktor adalah versi traktor yang lebih kecil dan portabel yang dapat dioperasikan oleh tangan manusia, biasanya dengan cara mendorong atau menariknya.

Hand Traktor sering digunakan dalam pertanian kecil, pertanian organik, dan pertanian skala kecil. Ini karena alat yang lebih besar dan lebih kuat seperti traktor berat, dinilai tidak praktis atau ekonomis.

Berikut beberapa informasi lebih lanjut tentang Hand Traktor:

1. Ukuran dan Desain Hand Traktor

Hand Traktor biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada traktor konvensional. Hand Traktor seringkali dirancang dengan roda atau trek yang memungkinkan mereka bergerak melalui lahan pertanian.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Akan Sukses Meski Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Mental Kuat!

Kemudian, ada juga varian Hand Traktor yang dapat digunakan untuk pekerjaan di kebun atau area yang sempit.

2. Tenaga Penggerak Hand Traktor

Hand Traktor dapat digerakkan oleh tangan manusia. Di beberapa situasi, Hand Traktor mungkin dilengkapi dengan mesin kecil, seperti mesin bensin atau listrik, untuk memberikan daya tambahan.

3. Aplikasi Hand Traktor

Hand Traktor digunakan untuk berbagai tugas pertanian seperti membajak, mengolah tanah, menanam benih, dan membantu dalam pekerjaan seperti mengangkut hasil panen.

4. Kebijakan Lingkungan Terkait Hand Traktor

Hand Traktor sering digunakan dalam pertanian organik atau pertanian berkelanjutan karena mereka cenderung lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

Bahkan, Hand Traktor dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

5. Keunggulan Hand Traktor

Keuntungan utama dari Hand Traktor adalah biaya yang lebih rendah dibandingkan traktor besar, kemanfaatan pada lahan kecil, dan mobilitas yang lebih baik dalam ruang terbatas. Hand Traktor juga dapat digunakan di lokasi yang sulit dijangkau oleh traktor besar.

Hand traktor adalah alat yang penting dalam pertanian skala kecil dan dapat membantu petani dengan berbagai pekerjaan pertanian. Mereka memungkinkan efisiensi dan produktivitas dalam pertanian yang lebih kecil sementara tetap menjaga biaya dan dampak lingkungan dalam batas yang lebih rendah.

Menjadi catatan, soal kasus bantuan Hand Traktor yang dilaporkan Poktan Desa Mandrajaya Sukabumi, hingga berita ini ditayangkan, pihak kepolisian Satreskrim Polres Sukabumi belum memberikan tanggapan terkait laporan sejumlah warga Desa Mandrajaya tersebut.

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT