Sukabumi Update

Banyak yang Heran Mobil Binguo EV Tak Sediakan Ban Serep, Ini Alasannya

Wuling menjelaskan alasan kenapa mobil listrik mereka Binguo EV tidak dilengkapi ban serep (Sumber : wulingmakassar.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Binguo EV menjadi mobil listrik baru yang dikeluarkan Wuling Motors Indonesia. Namun banyak yang penasaran kenapa pada mobil baru ini tidak dilengkapi ban serep (cadangan) seperti pada mobil-mobil lainnya mengingat komponen tersebut cukup penting saat situasi darurat.

Rasa penasaran tersebut dijawab oleh Product Planning Wuling Motors Indonesia Danang Wiratmoko mengutip dari Tempo.co, mobil Binguo EV memang tidak memiliki ban serep.

Akan tetapi, sebagai gantinya Wuling telah menyediakan tire repair kit yang berfungsi untuk menambal ban, jadi pengguna bisa memperbaiki ban ketika terjadi kebocoran.

Baca Juga: Hanya Ada 1000 Unit di Dunia, Vespa 946 10 Anniversario Limited Edition Dirilis

"Binguo EV ini tidak dilengkapi ban serep, tapi akan diberikan tire repair kit secara gratis kepada konsumen," kata Danang saat ditemui di Serpong, Tangerang pada Kamis, 16 November 2023.

Untuk diketahui, sejak 2018, Kementerian Perhubungan tidak lagi mewajibkan produsen mobil untuk menyertakan ban serep pada mobilnya.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor, Pasal 14.

Baca Juga: Perdana di Bandung, Pameran Mobil GIIAS Hadirkan Inovasi Teknologi Terkini

Pasal 14 ayat 1:

Ban cadangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1) huruf g dan Pasal 12 ayat (1) huruf g dapat diganti dengan penggunaan teknologi pengganti fungsi ban cadangan.

Pasal 14 ayat 2:

Pengganti fungsi ban cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa:
Run flat tire yang dilengkapi dengan indikator tekanan ban;

  • Tire repair kit; atau
  • Teknologi lain.

Baca Juga: 8 Cara Mengkilapkan Body Motor yang Kusam Agar Terlihat Kinclong

Pasal 14 ayat 3

Pengganti fungsi ban cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harus dilengkapi petunjuk pengguna di jalan.

Pasal 14 ayat 4

Kendaraan yang menggunakan pengganti fungsi ban cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat tidak dilengkapi dongkrak dan alat pembuka roda.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT