Sukabumi Update

Skandal Uji Keselamatan: Kemenperin Desak Daihatsu Lanjutkan Ekspor, Ini Alasannya

Daihatsu dan Toyota terjerat skandal uji keselamatan yang mengguncang dunia otomotif (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Skandal uji keselamatan yang menjerat Daihatsu Jepang cukup mengejutkan apalagi hal tersebut telah berlangsung lama.

Namun, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) beberapa waktu lalu telah melakukan pembicaraan dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Skandal keselamatan itu nyatanya berdampak pada sejumlah mobil Daihatsu yang diproduksi di Jepang dan di luar negeri. Bahkan Reuters melaporkan bahwa masalah tersebut juga berdampak ke pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Skandal Uji Keselamatan, Daftar Merk Mobil Daihatsu dan Toyota yang Terdampak

Melansir dari Tempo.co, Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani membantah, dan menyebut mobil Daihatsu di Indonesia tidak terkena dampak skandal keselamatan. Akan tetapi, isu ini membuat ekspor mobil Daihatsu Indonesia ditangguhkan sementara.

“Kami sudah memastikan kepada prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan,” kata dia kepada Tempo, Kamis, 21 Desember 2023.

Setelah mendengar pernyataan resmi dari PT ADM, Kemenperin pun akhirnya meminta Daihatsu Indonesia untuk melanjutkan produksi dan ekspor mobil.

Baca Juga: Terjerat Skandal Pemalsuan Hasil Uji Tabrak, Daihatsu Buka Suara

Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin Taufiek Bawazier, produksi pabrik ADM terjamin kualitas dan keselamatan.

"Kemarin ada beberapa utusan dari direksinya datang dan kami minta jangan diberhentikan ekspor," ujar Taufiek dalam keterangannya di Denpasar, Bali, dikutip Tempo dari Antara hari ini, Kamis, 4 Januari 2024.

Lebih lanjut Taufiek menjelaskan bahwa produksi Daihatsu di Indonesia saat ini tidak mengalami masalah secara kualitas dan kuantitas. Skandal kesempatan yang terjadi di Jepang, kata dia, tidak memengaruhi PT ADM secara langsung.

"Artinya tidak ada masalah dengan produk Daihatsu di Indonesia," tegas Taufiek.

Sementara itu, Executive Officer Corporate Function Directorate PT ADM Johan memastikan semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusikan, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan serta memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT