Sukabumi Update

Makan Sahur Sehat dan Bergizi, 10 Tips Berkendara Aman Saat Berpuasa

Ilustrasi - Dengan menerapkan tips ini, Insya Allah Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman selama puasa Ramadan. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).

SUKABUMIUPDATE.com - Puasa Ramadan menuntut perubahan pola makan dan aktivitas sehari-hari, termasuk berkendara motor atau mobil. Oleh karenanya penting untuk mengetahui tips aman berkendara saat berpuasa.

Sebab, dehidrasi dan rasa lapar yang diakibatkan oleh puasa dapat menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara. Hal ini pengendara harus bisa mengendalikan diri selama berkendara agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikut ada 7 tips aman untuk tetap waspada dan selamat saat berkendara di jalan raya:

Baca Juga: Istirahat yang Cukup, Ini 8 Tips Aman Berkendara Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

1. Tidur yang Cukup

Istirahat yang cukup sebelum sahur dan setelah berbuka puasa penting untuk menjaga stamina dan konsentrasi. Kurang tidur dapat menyebabkan mudah lelah, mengantuk, dan mengganggu fokus saat berkendara.

2. Makan Sahur Sehat dan Bergizi

Sahur dengan makanan yang kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat akan memberikan energi tahan lama selama berpuasa. Hindari makanan berlemak dan terlalu manis yang justru membuat cepat lelah.

3. Perhatikan Asupan Cairan

Meskipun tidak bisa minum selama puasa, penuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan pusing, lemas, dan mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Baca Juga: Sering Pakai Selimut Anti Air? Ini 7 Kebiasaan yang Membuat Cat Mobil Cepat Rusak

4. Service dan Perawatan Berkala

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Periksa rem, ban, lampu, dan komponen penting lainnya sebelum digunakan agar terhindar dari kendala saat berkendara.

5. Kelengkapan Berkendara

Lengkapi diri dengan helm standar SNI, jaket, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman. Jika berkendara mobil, pastikan sabuk pengaman berfungsi dengan baik.

6. Atur Jadwal Keperluan

Jika memungkinkan, hindari perjalanan jauh atau tidak mendesak saat mendekati waktu berbuka puasa. Rasa lapar dan haus yang ekstrem dapat mengganggu konsentrasi dan refleks saat berkendara.

Baca Juga: Lakukan Test Drive! Ini 7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

7. Bawa Camilan Sehat

Sediakan kurma atau makanan ringan manis untuk berjaga-jaga jika mengalami lemas saat terjebak macet menjelang berbuka puasa. Namun ingat, hindari mengkonsumsi terlalu banyak yang dapat membatalkan puasa.

8. Hindari ngebut, Jaga Jarak Aman dan Patuhi lalu lintas

Jaga kecepatan kendaraan dalam batas aman. Hindari manuver berbahaya atau mendahului kendaraan lain secara sembrono. Berikan jarak aman dengan kendaraan lain untuk antisipasi rem mendadak.

Konsentrasi yang kurang saat berpuasa mengharuskan Anda lebih berhati-hati dalam mengukur jarak aman. Patuhi marka jalan dan rambu lalu lintas untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas dan menghindari kecelakaan.

9. Hindari Berkendara Jarak Jauh

Jika terpaksa melakukan perjalanan jauh, rencanakan istirahat sejenak setiap 2 jam untuk menghilangkan rasa kantuk. Jika mengendarai mobil, buka kaca jendela agar udara segar yang masuk dapat membantu mengurangi rasa kantuk.

10. Berdoa Sebelum Berkendara

Memulai segala aktivitas dengan berdoa adalah kebiasaan yang baik. Berdoa sebelum berkendara menguatkan hati dan memohon perlindungan dari Allah SWT agar diberikan kelancaran dan keselamatan di jalan raya.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat berkendara dengan aman dan selamat selama menjalankan ibadah puasa. Ingat, utamakan keselamatan dan sesuaikan aktivitas berkendara dengan kondisi fisik Anda saat berpuasa.

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT