Sukabumi Update

6 Bagian Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Mudik Lebaran, Jangan Abai!

Penting untuk selalu menjaga kondisi mobil agar selalu prima dan terhindar dari kerusakan. (Sumber : Freepik/ASphotofamily)

SUKABUMIUPDATE.com - Perjalanan mudik Lebaran yang panjang dan melelahkan dapat memberikan tekanan ekstra pada kendaraan Anda. Perjalanan jauh dengan membawa muatan berat dapat membebani berbagai komponen mobil.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh setelah mudik demi memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara selanjutnya.

Berikut adalah beberapa bagian mobil yang wajib diperiksa:

1. Ban

Pastikan tekanan angin pada keempat ban sesuai dengan spesifikasi mobil. Tekanan angin yang kurang dapat meningkatkan risiko pecah ban, sedangkan tekanan angin berlebihan dapat menyebabkan keausan ban tidak merata.

Periksa kondisi telapak ban secara menyeluruh. Perhatikan keausan ban, apakah sudah tipis, botak, atau terdapat benjolan. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti ban dengan yang baru.

Kerusakan Ban: Periksa apakah terdapat kebocoran, keretakan, atau benjolan pada ban. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti dengan yang baru.

2. Rem

Periksa level minyak rem di reservoir. Pastikan levelnya berada di antara batas minimum dan maksimum. Jika levelnya rendah, tambahkan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

Injak pedal rem beberapa kali untuk merasakan responsnya. Pastikan pedal rem terasa pakem dan tidak ada suara berdecit saat pengereman. Jika pedal rem terasa lembek atau ada suara berdecit, segera bawa mobil ke bengkel untuk segera diganti.

3. Oli Mesin

Periksa level oli mesin dengan dipstick. Pastikan levelnya berada di antara batas minimum dan maksimum. Jika levelnya rendah, tambahkan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mobil.
Perhatikan warna oli mesin. Oli mesin yang baru berwarna kuning keemasan, sedangkan oli mesin yang sudah lama berwarna coklat tua atau hitam. Jika oli mesin berwarna coklat tua atau hitam, segera ganti dengan yang baru.

4. Air Radiator

Pastikan levelnya berada di antara batas minimum dan maksimum. Jika levelnya rendah, tambahkan air radiator yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Periksa apakah terdapat kebocoran pada radiator atau selang-selangnya.

5. Kolong Mobil

Bersihkan kolong mobil dari lumpur, debu, dan kotoran yang menempel. Hal ini untuk mencegah karat dan kerusakan pada komponen mobil. Periksa kondisi komponen-komponen di kolong mobil, seperti shockabsorber bila ada kebocoran, selang rem, kampas rem, tromol dan suspensi. Pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan pada komponen-komponen tersebut.

6. Membersihkan Mobil

Cuci mobil secara menyeluruh, baik bagian dalam maupun luar. Pastikan semua kotoran dan debu dibersihkan. Jangan lupa bersihkan bagian kaca, lampu, dan interior mobil agar tetap nyaman digunakan.

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT