Sukabumi Update

Karya Anak Bangsa, Bus Listrik Inka E-Inobus Mengaspal di Jakarta

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah uji coba jalan raya di Surabaya, bus listrik E-Inobus produksi PT INKA (Persero) akan dites operasional di Jakarta. Uji operasional E-Inobus di Ibukota menggandeng BUMD Transjakarta.

"Bus Listrik INKA diuji 3 bulan di Jakarta," cuit INKA dalam akun twitter-nya, Kamis, 31 Desember 2020 silam.

E-Inobus termasuk bus listrik medium dengan panjang 8 meter. Waktu yang diperlukan dalam pengisian daya sampai penuh diperlukan waktu 3 – 4 jam. Tingkat kebisingan pada bus listrik jauh lebih baik (rata – rata sebesar 71 dB) jika dibandingkan dengan bus diesel (rata – rata sebesar 85 dB).

SM Pengembangan Produk dan Teknologi PT INKA (Persero) Febry Pandu Wijaya mengungkapkan, pengujian bus listrik E-Inobus di DKI antara lain untuk mengetahui performa baterai dan motor pada rute operasional bus Transjakarta.

Jadwal pengujian bus listrik buatan PT Inka itu masih tentatif, dimulai 23 Desember 2020 hingga 6 April 2021. Seperti dikutip koranbumn.com, prapengujian E-Inobus dilakukan selama 2 pekan lalu dilanjutkan uji operasional selama 3 bulan.

Inka memulai pengujian E-Inobus di jalan raya area Madiun dan di jalan tol Madiun–Caruban pada Senin, 19 Oktober 2020. Pengujian dilakukan untuk menguji performa bus tersebut listrik sebelum dilakukan produksi massal.

Bus listrik E-Inobus telah melakukan uji landasan pada 13 Agustus 2020 dan lulus uji dengan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) kendaraan bermotor dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) pada 10 September 2020 oleh Balai Pengujian Laik Jalan di Cibitung, Jawa Barat.

"Produk ini kerjasama PT Inka (Persero) dengan Tron-E dari Taiwan sebagai mitra komponen drivetrain dan baterai bus serta Piala Mas dari Malang sebagai mitra pembuatan bodi bus listrik," kata Budi.

Dia menerangkan Inka berencana memasarkan produk bus listrik E-Inobus untuk area dalam negeri, seperti kepada PT Transjakarta, dan area luar negeri seperti Democratic Republik of The Congo (DRC).

Berikut ini performa bus listrik E-Inobus :

- Kecepatan maksimal : 90 km/jam

- Maks gradeability : 14 persen

- Pengisian daya : 3-4 jam

- Jarak tempuh sekali charging : 200 km

- Kebisingan rata-rata : 71 dB

SUMBER: TEMPO.CO

 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI