Sukabumi Update

Jangan Sampai Mogok! Ini Tanda Busi Mobil Minta Diganti

SUKABUMIUPDATE.com - Busi merupakan salah satu komponen pada mesin yang berfungsi untuk memantik api pada saat mesin melakukan kompresi pembakaran. Karena bekerja setiap digunakan, maka perlu diingat busi memiliki waktu pemakaian.

Melansir Daihatsu, ini 3 tanda busi mobil minta diganti. Apa sajakah?

1. Tanda Busi Minta Diganti Saat Mobil Dalam Posisi Idle

Saat mobil dalam posisi idle, kamu bisa memeriksa apakah ada masalah pada busi mobil Anda. Pertama, coba rasakan, apakah suara putaran mesin cukup kasar, bahkan sampai terasa di dalam kabin mobil.

Lalu coba injak pedal gas. Kalau dirasa agak berat, bisa jadi ini adalah indikasi busi mobil yang sudah minta dipensiunkan dan diganti dengan yang baru.

2. Saat Mobil Berjalan

Nah, saat sedang mengemudikan mobil, Anda juga bisa memeriksa kondisi busi mobil. Busi yang bermasalah akan mempengaruhi akselerasi mobil jadi tidak maksimal. Selain itu, mobil pun rentan mogok, lho.

3. Saat Mobil dalam Kondisi Mati

Meski dalam kondisi mesin mati, kamu juga bisa mencari tahu kondisi busi mobil Anda. Caranya ya, dengan membongkar dan melihat sendiri kondisi busi pada mobil kesayangan.

Jika busi sudah berwarna kecoklatan, ini menandakan masa penggunaan busi sudah hampir habis dan segera harus diganti. Kalau warna busi masih merah atau cenderung kuning, berarti mesin mobil Anda melakukan pemanasan berlebihan, dan Anda harus memeriksa bagian pendinginan.

Sumber: SUARA.COM

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI