Sukabumi Update

Bermodal Kaleng Bekas, Cara Anti Mainstream Cegah Pencurian Mobil Canggih

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa mobil zaman now sudah dibekali dengan teknologi yang cukup canggih. Hal ini guna membuat maling tidak bisa beraksi untuk mencurinya. Tapi maling pun juga memiliki kreativitas tanpa batas. Selalu ada cara untuk membobol sebuah mobil meskipun sudah dibekali fitur keamanan canggih.

Sejumlah mobil saat ini sudah dibekali fitur bernama immobilizer. Prinsip dari immobilizer sederhana saja, di dalam tiap anak kunci, pabrikan mobil membenamkan perangkat elektronik yang memancarkan sinyal kode. Lantas di dalam mobil juga terdapat antena penerima sinyal yang mencocokkan kode dari kunci dengan yang ada di mobil.

Bila kodenya cocok maka mobil akan menyala dengan mudah, namun bila kodenya berbeda, maka ECU tidak akan mengucurkan bahan bakar ke dalam mesin yang artinya mesin tidak bisa dihidupkan sama sekali. Nah, maling pun memiliki cara untuk menjebol teknologi canggih ini.

Dilansir dari Carscoops melalui suara.com, maling membuat sebuah alat khusus di mana bisa menangkap sinyal dari remote yang ada di dalam rumah. Hasilnya kemudian diolah memakai program buatan mereka, dan kemudian dipakai untuk membobol mobil yang parkir di halaman rumah. Memang tingkat keberhasilan dari cara ini cukup rendah, tetapi maling lebih memilih cara ini untuk digunakan.

Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata cara ini bakal dipatahkan dengan sebuah kaleng bekas. Loh kok bisa? Jadi para pemilik kendaraan yang dibekali immobilizer untuk menyimpan kunci remote di dalam kaleng. Material logam yang jadi bahan pembuatan kaleng akan menghalangi sinyal yang dipancarkan, sehingga tidak bisa ditangkap oleh alat canggih buatan maling tersebut.

Maling pun gagal untuk bisa membobol mobil incarannya karena sinyal bakal kacau bahkan tak tertangkap jika kunci sudah masuk di dalam kaleng.

Sumber: Suara.com

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI