Sukabumi Update

Aksi Bus Wisata ke Geopark Ciletuh Sukabumi, Bikin Deg-degan saat di Tikungan

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah bus wisata masuk ke ruas jalan provinsi Tamanjaya-Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (13/11/2021). Jalur menuju objek wisata Geopark tersebut sangat rawan untuk ukuran bus, mengingat ada banyak tanjakan dan turunan yang curam.

Video ketika bus melewati turunan tajam di jalan menuju objek wisata Geopark Ciletuh itu beredar di grup-grup WhatsApp. Nampak bus kesulitan melewati jalan menikung dan menurun tajam dengan permukaan aspal yang basah karena diguyur hujan.

Baca Juga :

Kejadian bus melintas di jalan provinsi Tamanjaya-Palangpang sudah diketahui pihak Bina Marga Provinsi Jabar.

"Kami mendapat laporan dari pekerja jalan di ruas Tamanjaya-Palangpang. Ada bus melaju dari arah Tamanjaya mulai melewati turunan Cipeucang perbatasan Desa Tamanjaya dengan Desa Mekarsakti,Kecamatan Ciemas," kata Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Wilayah 4 PU Bina Marga Jabar, Entis Sutisna kepada sukabumiupdate.com.

photoBus wisata masuk ke ruas jalan provinsi Tamanjaya-Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (13/11/2021). - (Istimewa)</span

Entis, bus ukuran besar jenis fuso tersebut pastinya membawa wisatawan sedangkan medan yang dilalui rawan untuk kendaraan besar. Beruntungnya ada pekerja jalan yang mengingatkan sopir sehingga sopir mengerti. Bus hanya sampai belokan yang arah ke Puncak Manik lalu putar balik lagi. 

"Tadi sudah saya instruksikan kepada mereka pekerja jalan agar menyetop di bawah pas jalan ke Curug Puncak Manik dan supaya putar arah kembali untuk mengantisipasi dan menghindari hal - hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Entis menyatakan, sopir tidak tahu medan dan baru melewati jalan tersebut pertama kali. "Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa. Seharusnya dari Dishub atau dari Dinas Pariwisata ada himbauan untuk bus besar jangan melintas ke jalan Geopark-Ciletuh. Memang sopir tidak tahu medan dan baru pertama kalinya," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI