Sukabumi Update

Kunci Mobil Sulit Dicabut? Kenali Beberapa Penyebabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa pengemudi mungkin pernah mengalami ketika kunci mobil tiba-tiba sulit dicabut ketika selesai digunakan.

Saat kamu mengalami hal seperti ini, sebaiknya tidak memaksa melepas kunci tersebut. Lebih baik mencari tahu terlebih dulu penyebab sulitnya kunci mobil tersebut dilepas.

Melansir dari Tempo.co, berikut beberapa penyebab kunci mobil sulit dicabut.

photo(Ilustrasi) Kemudi yang terkunci juga bisa menjadi penyebab kunci mobil sulit dilepas - (Unplash.com Adam Nie?cioruk)</span

1.Posisi Transmisi

Beberapa mobil telah diatur transmisi mobil harus di posisi park (P) supaya kunci bisa dicabut tuas.

Mobil dengan transmisi otomatis, jika gigi diatur ke drive, netral, atau gigi lainnya, kuncinya tidak bisa dicabut.

Sedangkan mobil transmisi manual, pastikan transmisi berada di posisi netral atau park. Saat sedang tergesa-gesa, terkadang  luput mengecek hal biasa seperti ini.

Baca Juga :

2.Kemudi Mobil Terkunci

Pin kemudi akan mengunci setir ketika ada tekanan saat mematikan mobil. Selain mencegah roda kemudi berputar, mengunci setir juga menyebabkan kunci tak bisa dicabut.

Supaya bisa dilepas putar kunci sambil menggoyangkan kemudi. Hal tersebut sama seperti pada kunci stang sepeda motor.

3. Kunci Bermasalah

Kunci mobil tidak bisa dicabut, bisa juga disebabkan karena aus atau bengkok. Kunci aus atau bengkok, salah satunya disebabkan oleh intensitas pemakaian. Jika bengkok atau ada retakan kecil, maka kunci tidak bisa dicabut.

4. Silinder Kontak Mengalami Kerusakan

Silinder kontak yang rusak dapat menyebabkan kunci tidak dapat dicabut. Bagian dalam silinder kontak terdapat beberapa baris pegas yang sesuai dengan bentuk kunci mobil. Jika baris pegas ini tidak sejajar, maka akan menyebabkan kunci sulit dicabut.

Sumber: Tempo.co/HENDRIK KHOIRUL MUHID 

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI