Sukabumi Update

3 Tips Aman Berkendara Dekat Truk di Jalan Raya

SUKABUMIUPDATE.com - Truk menjadi kendaraan yang menjadi sorotan belakangan ini karena kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Ukurannya yang besar dan ditambah barang bawaan yang cukup berat menjadi salah satu penyebab kenapa truk menjadi berbahaya bagi kendaraan di sekitarnya terutama kendaraan yang berukuran kecil.

Kita harus dituntut ekstra hati-hati saat berkendara di dekat kendaraan besar seperti truk agar tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Baca Juga :

Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat berkendara di dekat kendaraan besar seperti truk.

1. Perhatikan Jarak Aman

photo(Ilustrasi) Truk yang berukuran besar memiliki blind spot yang juga besar - (Pixabay.com janeb13)</span

Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain menjadi hal yang harus dilakukan setiap pengemudi saat berkendara di jalan raya terutama saat berada di dekat truk berukuran besar.

Truk dengan ukuran besar memiliki blind spot atau titik buta yang besar pula. Blind spot ini merupakan area disekitar truk yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi truk tersebut.

Blind spot ini berada di sekeliling bagian truk terutama di area belakang. Karena itulah sangat penting menjaga jarak aman agar selalu aman saat dijalan.

2. Beri Tanda Saat Akan Mendahului

photo(Ilustrasi) Menyalip sebuah truk di jalan raya - (Pixabay.com Tama66)</span

Penting memberi tanda pada pengemudi truk saat kita berada di dekatnya, apalagi jika hendak mendahuluinya.

Hal tersebut dilakukan agar pengemudi truk mengetahui bahwa ada kendaraan lain yang berada di dekat truknya.

Selain itu, hal ini juga untuk menghindari truk melakukan manuver mendadak yang dapat membahayakan kendaraan lain disekitarnya.

Pastikan juga kamu memiliki ruang yang cukup saat akan mendahului sebuah truk, mengingat ukurannya yang besar, maka akan berbahaya jika kamu memaksakan mendahului dengan ruang yang terbatas.

3. Perhatikan Isyarat dari Sopir Truk

photo(Ilustrasi) Truk - (Unplash.com Gabriel Santos)</span

Saat berkendara di dekat kendaraan besar seperti truk, kamu wajib memperhatikan isyarat yang diberikan oleh sopir truk tersebut.

Biasanya sopir truk akan selalu memberikan tanda dengan lampu sein ketika akan melakukan manuver.

Atau ketika kamu akan menyalipnya, biasanya truk akan memberikan sein kanan jika terdapat kendaraan yang melaju dari arah depan.

Maka kamu harus mengurungkan niat untuk menyalipnya hingga sopir truk mematikan lampu seinnya.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI