Sukabumi Update

Apa yang Harus Dilakukan Saat Mobil Tiba-tiba Terbakar? Simak Tips Berikut!

SUKABUMIUPDATE.com - Mengalami kebakaran pada kendaraan seperti mobil memang tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Namun, musibah dapat terjadi kapan saja dan kepada siapa saja.

Kebakaran pada kendaraan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti korsleting pada sistem kelistrikan atau terjadi masalah pada sistem bahan bakar kendaraan.

Kebanyakan orang rata-rata akan merasa panik saat kendaraannya terbakar secara tiba-tiba. Tapi kepanikan justru hanya akan memperparah keadaan.

Baca Juga :

Lalu apa yang harus dilakukan saat kendaraan kamu terbakar secara tiba-tiba? berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Jangan Panik

photo(Ilustrasi) Mobil terbakar - (Pixabay Ah_Riz_Ko)</span

Seperti telah disinggung diatas, berusaha untuk tetap tenang menjadi hal utama yang harus dilakukan saat menghadapi situasi darurat seperti mobil terbakar secara tiba-tiba.

Saat pikiran tenang, kamu akan lebih mudah memikirkan hal apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi situasi buruk tersebut.

2. Matikan Mesin

photo(Ilustrasi) Kunci kontak mobil - (Unplash.com Ivan Shemereko)</span

Saat mengalami tanda-tanda mobil terbakar seperti timbul bau material terbakar dan juga munculnya asap yang tidak wajar pada kendaraan, hal yang harus dilakukan yaitu coba untuk menepikan kendaraan lalu matikan mesin.

Setelah itu segera keluar dari dalam kabin kendaraan. Jika sumber api berada di ruang mesin mobil, jangan coba-coba membuka kap mesin.

Hal tersebut justru akan menjadikan api menjadi lebih besar karena pasokan udara yang lebih banyak.

3. Gunakan APAR

photo(Ilustrasi) Alat pemadam api ringan - (iStockphoto)</span

Setelah mesin kamu matikan, selanjutnya coba padamkan sumber api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Alat ini biasanya berupa tabung berwarna merah yang isinya bisa air, busa ataupun serbuk kimia yang dapat memadamkan kobaran api.

Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang kurang mementingkan APAR ini sehingga tidak melengkapi kendaraannya dengan alat tersebut.

Padahal saat situasi darurat seperti kebakaran, APAR dapat kamu andalkan untuk mematikan api seandainya posisi kamu jauh dari sumber air.

4. Hubungi Pemadam Kebakaran

photo(Ilustrasi) Petugas Damkar yang berusaha memadamkan mobil terbakar - (Pixabay ReinhardThrainer)</span

Jika dirasa api sudah tidak bisa ditangani dengan APAR. sebaiknya segera menghubungi petugas pemadam kebakaran terdekat.

Karena itu penting untuk menyimpan nomor darurat seperti kepolisian, tim SAR, Damkar dan sebagainya di ponsel atau catatan kecil untuk berjaga-jaga mengalami situasi darurat.

Atau jika tidak, bisa juga meminta bantuan pada warga sekitar untuk membantu memadamkan api.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat kendaraan tiba-tiba terbakar. Semoga bermanfaat.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI