Sukabumi Update

Tips Aman Mengemudi Saat Hujan Agar Terhindar dari Pohon Tumbang

SUKABUMIUPDATE.com - Mengemudikan kendaraan di jalan raya memang memiliki banyak sekali resiko bahaya yang tidak hanya disebabkan kendaraan lain, tapi juga oleh lingkungan sekitar seperti pohon di tepi jalan, tiang listrik, papan reklame dan sebagainya yang dapat rubuh sewaktu-waktu.

Sudah banyak kasus kendaraan yang tertimpa pohon tumbang saat kondisi hujan, bahkan tak jarang beberapa diantaranya hingga menyebabkan korban jiwa.

Apalagi ketika mengemudi saat musim hujan, risiko yang ditimbulkan akan semakin besar karena pohon maupun papan reklame yang ada di tepi jalan memiliki kemungkinan roboh yang cukup besar.

Baca Juga :

Untuk itu setiap pengemudi diharuskan sangat berhati-hati ketika berkendara maupun memarkirkan kendaraannya diwaktu hujan.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap aman saat berkendara diwaktu hujan.

photo(Ilustrasi) Kondisi jalan yang rawan terjadi pohon tumbang - (Pixabay pixel2013)</span

1. Tingkatkan Kewaspadaan Saat di Jalan

Waspada saat mengemudi memang menjadi hal yang harus dilakukan setiap pengendara.

Namun, ketika mengemudi dalam keadaan hujan, tingkat kewaspadaan pengemudi harus ditingkatkan karena risiko bahaya di jalan semakin bertambah seperti jarak pandang yang terbatas dan potensi terjadi pohon tumbang.

Usahakan untuk mengurangi kecepatan saat mengemudi, hal tersebut dapat memberikan waktu untuk menghindar seandainya terjadi pohon tumbang di jalan.

2. Hati-hati Saat Memarkirkan Kendaraan

Saat musim hujan apalagi jika disertai angin, kamu harus memperhatikan sekitar terutama hal-hal yang dapat menjadi potensi bahaya seperti pohon, tiang listrik maupun billboard.

Kamu sebaiknya mencari tempat aman saat akan memarkirkan kendaraan, jika harus memarkir di bawah pohon, pastikan pohon tersebut tidak memiliki batang yang terlihat rapuh.

3. Pantau Perkiraan Cuaca

Memantau prakiraan cuaca menjadi hal yang bisa kamu lakukan ketika akan berkendara.

Hal tersebut menjadikan kamu tahu situasi cuaca yang mungkin akan terjadi dan lebih mewaspadai daerah-daerah rawan pohon tumbang ataupun daerah rawan longsor.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI