Sukabumi Update

Rem Tangan Mobil Keras Saat Digunakan? Ketahui 3 Penyebabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Rem tangan menjadi salah satu komponen keamanan pada mobil, sistem pengereman ini berfungsi menahan mobil agar tidak bergerak selama parkir atau saat terjebak kemacetan.

Namun, beberapa pemilik mobil pernah mengalami rem tangan yang tiba-tiba keras saat digunakan. Hal tersebut dapat mengakibatkan perjalanan menjadi terganggu.

Lalu apa penyebab rem tangan menjadi keras tersebut? berikut beberapa penyebabnya seperti dikutip dari Suara.com.

photo(Ilustrasi) Tuas rem tangan - (freepik.com)</span

1. Digunakan saat Banjir

Penyebab pertama yaitu penggunaan rem tangan ketika sedang berada di area yang tergenang air atau mengalami banjir.

Untuk menghindari penyebab ini, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan rem pedal ketika berada di jalanan yang tergenang air. Dan bila terpaksa harus memarkir mobil di tempat yang tergenang air, tidak perlu menarik rem tangan, dan menggantinya dengan ganjal kayu atau batu.

Baca Juga :

2. Tuas Rem Ditarik Terlalu Kuat

Rem tangan tidak boleh ditarik kuat-kuat karena hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada bagian tuas. Cukup menarik rem tangan sampai pada batas yang ditentukan atau ketika sudah terdengar bunyi klik.

3. Kurang Pemahaman

Hal terakhir yang menjadi penyebab dari rem tangan yang keras adalah kurangnya pemahaman mengenai perbedaan rem tangan pada mobil bertransmisi manual dan matik atau otomatis. Rem tangan pada kedua jenis transmisi ini berbeda dan dapat dipelajari melalui buku manual.

Ciri Rem Tangan Bermasalah

photoIlustrasi rem tangan elektrik. - (carscoops.com)</span

Ada beberapa tanda yang bisa dirasakan ketika rem tangan mobil mengalami masalah. Berikut ulasannya.

1. Rem Terasa Berat

Ciri-ciri pertama dari rem tangan mobil yang bermasalah adalah rem tangan terasa berat ketika ditarik ataupun diturunkan. Hal ini dikarenakan rem tangan mengalami macet atau ada yang mengganjal pada bagian tuas sehingga rem tangan sulit untuk ditarik.

2. Timbul Bunyi Berisik

Rem tangan yang mengalami masalah akan mengeluarkan bunyi berisik di bagian tuasnya. Bunyi ini ditimbulkan ketika menaikkan atau menurunkan rem tangan. Penyebab dari munculnya bunyi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya pelumas pada bagian kabel rem tangan atau munculnya karat.

3. Lampu Indikator Terus Menyala

Ciri-ciri terakhir dari rem tangan mobil yang bermasalah adalah nyalanya lampu indikator pada dashboard mobil.

Indikator rem tangan akan memberikan peringatan bahwa terjadi masalah seperti rem tangan tidak diturunkan dengan sempurna, kurangnya minyak pelumas, hingga terjadinya kerusakan pada komponen rem tangan.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI