Sukabumi Update

Apa Dampaknya Jika Mobil Mesin Diesel Diisi dengan Bensin?

SUKABUMIUPDATE.com - Mesin diesel merupakan salah satu jenis mesin yang digunakan pada mobil. Mesin jenis ini dinilai memiliki tenaga lebih besar sehingga seringkali dipasang pada kendaraan besar atau pada kendaraan berat.

Mesin diesel menggunakan bahan bakar khusus yang disebut solar. Nah, yang jadi pertanyaan apakah mesin diesel bisa diisi dengan bensin? Lalu bagaimana dampaknya jika mesin jenis ini menggunakan bahan bakar bensin?

Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga :

Menurut laman suzuki.co.id, mesin diesel jika diisi bensin akan menyebabkan mesin tersebut mengalami kerusakan. Hal itu disebabkan karena sistem pembakaran pada mesin diesel tidak sama dengan mesin bensin.

Sistem pembakaran mesin diesel dan bensin tidak sama, mesin diesel menggunakan tekanan kompresi yang sangat tinggi agar terjadi pembakaran, sedangkan mesin mengandalkan percikan api dari busi untuk menghasilkan pembakaran di dalam mesin.

photo(Ilustrasi) Mobil yang menggunakan jenis mesin diesel - (via autocar.co.uk)</span

Selain itu komponen mesin lain yang akan terkena dampak yaitu sistem injeksi dan pompa bahan bakar. Bahan bakar solar juga berfungsi memberikan lubrikasi pada saat proses pembakaran.

Kemudian tekanan kompresi yang berbeda pada mesin diesel juga akan menyebabkan perjalanan menjadi tidak nyaman, seperti timbulnya suara tidak normal pada mesin, mesin yang sulit dihidupkan atau mati mendadak hingga knalpot mengeluarkan asap.

Jika terlanjur mengisi bensin pada mesin diesel, sebaiknya segera bawa kendaraan kamu ke bengkel agar cepat ditangani sebelum kerusakan parah terjadi pada mesin.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI