Sukabumi Update

Tips Hindari Kehilangan Fokus Berkendara Saat Menjalankan Puasa Ramadan

SUKABUMIUPDATE.com - Saat berkendara, kita dituntut untuk terus fokus agar terhindar dari bahaya, lalu bagaimana menjaga fokus berkendara saat kita menjalankan puasa ramadan?

Seperti kita tahu saat menjalankan puasa kita tidak akan makan dan minum dari saat subuh hingga maghrib tiba.

Kondisi perut kosong dan kekurangan cairan dianggap dapat menghilangkan konsentrasi termasuk konsentrasi saat berkendara.

Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar fokus ketika berkendara saat puasa tetap terjaga seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Perhatikan Makanan Saat Sahur

Saat makan sahur, usahakan menyantap makanan sehat dan mudah dicerna. Perhatikan asupan protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya.

Hal tersebut perlu dilakukan agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi terutama saat harus beraktivitas pada siang harinya seperti mengemudi.

Jangan lupa juga minum air putih yang cukup agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik selama menjalankan puasa sehingga fokus kamu tetap terjaga.

photo(Ilustrasi) Mengemudi - (Unplash Tim Foster)</span

Hindari jenis makanan yang terlalu pedas, asin, atau berlemak tinggi karena makanan pedas dan asin dipercaya dapat memicu rasa haus terus menerus dan dikhawatirkan dapat mengurangi konsentrasi kamu saat beraktivitas pada siang hari.

Hindari juga mengkonsumsi kafein seperti halnya kopi dan jenis minuman bersoda. Minuman ini dinilai dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, akan menyebabkan fokus terganggu. Hal ini akan sangat berbahaya apabila terjadi saat kamu sedang mengemudikan kendaraan.

2. Kurangi Kecepatan

Mengemudikan kendaraan ketika sedang berpuasa menuntut kamu harus lebih sabar. berkendaralah secara perlahan agar kamu tidak terlalu menghabiskan banyak energi di jalan.

Selain itu, dengan berkendara lebih pelan, kamu dapat dengan mudah mengatur kendaraan dan menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.

3. Menjaga Emosi

Mengendalikan emosi saat berkendara sangat perlu dilakukan apalagi saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Tetap tenang saat mengemudi dapat menjaga konsentrasi kamu terjaga. Menghindari jalan dengan lalu lintas padat juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI