Sukabumi Update

Berniat Membuka Rental Mobil di Musim Mudik Tahun Ini? Simak Dulu 5 Tips Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Saat musim mudik lebaran usaha rental mobil biasanya mengalami peningkatan peminat, itu karena banyak orang memilih menyewa kendaraan pribadi untuk digunakan pulang ke kampung halamannya. 

Atau ada juga yang menyewa mobil untuk digunakan berlibur saat cuti bersama lebaran.

Momen ini juga pas buat yang ingin mencoba berbisnis sewa mobil. Namun agar usaha yang kamu buka tersebut lancar ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti melansir dari Tempo.co.

Baca Juga :

1. Buat Perencanaan Sebelum Mulai

Sebuah usaha akan menjadi lebih matang dengan perencanaan. kamu dapat mencoba merencanakan mobil yang dibutuhkan, modal, pertimbangan jika ingin menggunakan kredit, dan lainnya.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis rental mobil dengan mobil yang sudah ada.

2. Tentukan Persyaratan Penyewa

Persyaratan sendiri umumnya cukup fleksibel. Biasanya, kamu dapat menitipkan KTP, paspor, atau jaminan. Hal ini untuk menghindari seperti mobil dibawa kabur dan semacamnya.

photo(Ilustrasi) Deretan mobil yang siap disewakan - (Pixabay.com andreas160578)</span

3. Tentukan Durasi Penyewaan

Karena masa lebaran, kamu perlu mempertimbangkan jangka waktu maksimal penyewaan. Kamu dapat menentukan sendiri atau melakukan kesepakatan dengan pelanggan.

Pastikan kesepakatan tersebut tidak memberatkan salah satu pihak mengingat mobil tidak murah.

Baca Juga :

4. Lakukan Riset Terlebih Dulu

Ini termasuk riset antar kompetitor mengenai fasilitas apa yang tidak diberikan oleh pesaing dan harga yang dipasang. Contohnya, kamu menyediakan mobil yang sangat terawat, rapi, dengan harga yang cukup bersaing.

Selain itu, kamu juga menyediakan usb lagu, mengantar mobil ke depan rumah sebelum digunakan oleh pelanggan, dan lainnya.

5. Lakukan Perawatan pada Mobil

Hal ini meliputi kebersihan mobil, mesin, dan lain-lain. kamu dapat mencoba mencuci atau membersihkan mobil dulu sebelum disewakan. Dengan merawat secara rutin, kamu akan terhindar dari komplain pelanggan serta dari kerusakan yang membutuhkan dana yang lebih besar.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI