Sukabumi Update

Survei: 80 Persen Pengemudi Bermain Handphone Saat Menyetir Mobil

SUKABUMIUPDATE.com - Mengoperasikan Handphone saat tengah mengemudikan kendaraan seperti mobil sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Namun, mengutip dari Suara.com, sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan AXA Prevention mengungkapkan bahwa 80 persen pengendara mobil menyebutkan menggunakan ponsel saat mengemudi.

Studi yang dilakukan oleh organisasi ini menemukan bahwa ponsel tidak hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan. Tetapi untuk melihat berbagai bentuk konten dari sosial media.

Baca Juga :

Berdasarkan survei yang dilakukan dari 2.253 responden, 52 persen menyatakan telah melakukan dan menerima panggilan telepon saat mengemudi.

Selain itu, seperti dikutip dari RideApart, 45 persen mengatakan bahwa mereka mengkonfigurasi perangkat GPS mereka saat bepergian, 34 persen membaca dan mengirim pesan SMS, 24 persen melihat notifikasi, 15 persen mengirim email, 8 persen memposting barang di akun media sosial mereka, dan terakhir, 6 persen berpartisipasi secara aktif dalam rapat konferensi video sambil mengemudikan mobil mereka.

photo(Ilustrasi) Menelpon saat tengah mengemudi - (iStock)</span

Tidak hanya melakukan penelitian terhadap pengendara mobil, survei juga dilakukan terhadap pengendara sepeda motor.

Ternyata pengendara sepeda motor juga hampir senada, dengan 72 persen pengguna yang disurvei menyatakan telah menggunakan ponsel mereka untuk menelepon saat berkendara.

Pengendara skuter juga tidak luput. Meski jumlah pengguna sepeda motor dan skuter yang menggunakan ponsel saat berkendara jauh lebih rendah dibandingkan dengan pengguna mobil.

Namun 46 persen masih merupakan angka yang cukup mengkhawatirkan, dan meningkat delapan persen dibandingkan survei tahun sebelumnya.

Mengingat jumlah pengguna jalan yang terang-terangan mengabaikan keselamatan, maka tidak heran mengapa terjadi begitu banyak kasus kecelakaan di jalan.

Padahal hal ini bisa dihindari jika pengguna kendaraan lebih peduli terhadap keselamatan dirinya dan pengguna jalan lain.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI