Sukabumi Update

Mengisi BBM Full Tank Jadikan Konsumsi Mobil Lebih Irit? Simak Penjelasannya

SUKABUMIUPDATE.com - Selama ini mengisi bahan bakar minyak (BBM) secara full tank bisa membuat mobil jadi lebih irit bahan bakar masih dipercaya oleh sebagian orang.

Lalu, hal tersebut benar atau hanya anggapan pengguna mobil saja karena merasa jarum fuel meter lebih lama turun?

Melansir dari Suara.com, menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna menegaskan bahwa mengisi bensin sebaiknya full tank sebenarnya lebih kepada tindakan mengurangi terjadinya kondensasi.

Baca Juga :

"Jika bensin full maka tidak akan terjadi kondensasi pada tangki mobil. Kondensasi adalah perubahan wujud dari gas ke benda padat," kata Suparna, dikutip dari laman Auto2000.

Suparna menambahkan, mengisi bensin penuh lebih baik daripada kosong. Sebab jika kosong maka udara yang ada pada tangki mobil akan mengalami kondensasi saat malam dan pagi hari.

photo(Ilustrasi) Mengisi BBM mobil - (Unplash Dawn McDonald)</span

Semakin banyak udara yang masuk pada tangki BBM mobil maka kondensasi lebih cepat. Hal ini disebabkan udara yang mengembun semakin banyak, terlebih lagi jika temperatur dingin proses akan lebih cepat.

Selain dianjurkan untuk mengisi bensin secara full sebaiknya menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tinggi, seperti Pertamax.

"Mengisi bahan bakar dengan Pertalite juga bisa mempercepat terjadinya korosi karena sisa-sisa bahan bakar akan menyebabkan terjadinya endapan-endapan yang mana jika dibiarkan terus-menerus akan merusak tangki mobil," tutup Suparna.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI