Sukabumi Update

Penjelasan Kenapa Berkendara Motor di 10 Menit Pertama Hujan Lebih Berbahaya

SUKABUMIUPDATE.com - Seperti kita tahu jika berkendara motor saat hujan memiliki risiko lebih besar akibat permukaan jalan yang licin dan jarak pandang terbatas.

Terutama saat 10 menit pertama hujan turun, risiko yang dihadapi biker lebih besar, karenanya pengendara motor harus lebih berhati-hati. Kenapa demikian? Berikut penjelasannya.

Melansir dari Suara.com, Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development and Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta membeberkan alasannya.

Baca Juga :

"Pada 10 menit pertama setelah turun hujan itu justru berbahaya karena lapisan aspal akan banyak mengeluarkan kotoran, seperti pasir yang mengakibatkan jalanan menjadi licin," ujarnya via Zoom yang dihadiri redaksi Suara.com.

Saat 10 menit turun hujan, daya cengkram ban dengan aspal akan berkurang. Jika terpaksa untuk melibas jalan aspal saat hujan sebaiknya tidak asal trabas.

Pemotor disarankan untuk mengurangi kecepatan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan agar tetap bisa selamat sampai tujuan.

photo(Ilustrasi) Mengendarai motor saat kondisi hujan - (Pexels.com cottonbro)</span

"Setelah 10 menit pertama itu, cengkraman ban baru mulai kembali optimal, dengan asumsi pasir di jalan sudah tersapu air dan aspal jadi bersih," tambahnya.

Ia juga menambahkan jika pemotor sebaiknya menggunakan sepatu riding yang aman agar bisa mengurangi keseleo saat berkendara motor. Sepatu yang digunakan sebaiknya menutup mata kaki.

Nah, dari sini penggunaan sandal memang tidak disarankan karena bisa membahayakan pemotor sendiri.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI