Sukabumi Update

Bangkitkan Motor Karisma Rusak jadi Jin Style, Santri Cicurug Sukabumi Dibantu Jin?

Honda karisma 125 berubah menjadi motor gaya jin atawa Jin Style hasil modifikasi santri di Cicurug Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kreativitas tanpa batas ditunjukkan seorang santri di Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Di antara waktu belajar agama di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyon berhasil membangkit honda karisma rusak menjadi motor baru, japstyle keren untuk gaspoll.

Ide modifikasi ini berasal dari motor honda karisma 125 yang sudah dua tahun rusak dan dibiarkan begitu saja, milik salah seorang keluarga lingkungan pesantren. Para santri yang tergabung dalam tim modifikator Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, kemudian bertekad menghidupkan kembali motor tersebut, dengan tampilan baru, tentunya setelah mendapatkan izin dari pemilik motor.

Motor ini punya murid salah seorang pengajar di pondok pesantren. Dulu dibawa setiap hari untuk sekolah di Bogor. Seiring pemakaian terus menerus, dan kurang perawatan Honda Karisma inipun rusak dan disimpan begitu saja.

Baca Juga: Warga Curugkembar Sukabumi Ini Modifikasi Motornya Jadi Predator Jalanan

“Jadi kita ambil mesinnya untuk membangun motor awalnya konsep mini monkey,” jelas salah seorang modifikator Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyon kepada sukabumiupdate.com, Kamis (1/12/2022).

Seiring jalan, konsep modifikator pun berubah menjadi japstyle atau retro japstyle. “Kita terkendala spare part untuk mini monkey, jadi kita alihkan ke Japstyle,” lanjut Ikbal.

santri Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyonsantri Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyon

Diawali dari menghidupkan kembali mesin karisma 125 yang sudah off 2 tahun. Dilanjut dengan membangun rangka, karena japstyle adalah konsep motor sport jadul, bukan bebek sebagaimana rangka asli karisma 125.

Kemudian pencarian aksesoris bergaya retro, mulai dari seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein, spion dan lainnya. Dilanjut membangun sektor kaki-kaki dengan balutan velg ring 14 dengan tapak lebar.

“Semula velg ring 17,rata-rata kan motor bebek manual menggunakan ring 17, di motor ini kita ubah menjadi ring 14, jadi masih semi mini" ujarnya.

Pada bagian kemudi diganti menggunakan stang milik Suzuki Thunder, tujuannya agar lebih lebar. Tangki motor custom dengan speedometer digital dan berfungsi.

Baca Juga: Mau Modifikasi Motor? Perhatikan 5 Aturan Ini agar Tak Kena Tilang

“Dapur pacu standar, seperti mesin, karbu, kiprok dan kelistrikan lainnya masih menggunakan suku cadang Honda Karisma. Knalpot juga tidak diubah, hanya tutup knalpotnya saja diaplikasikan milik Yamaha R15," beber Ikbal.

Pengerjaannya dari nol sampai jalan 4 bulan dengan total biaya dalam modifikasi sekitar 7.5 juta. "Motor ini kami namanya jin style karena proses membuatnya, pengerjaan berjalan kurang lebih 4 bulan ini, tidak hanya digarap pada siang, lebih banyak malam. Jin itu kan kerjanya malam," pungkasnya.

Reporter: Ibnu/Magang

 

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT