Sukabumi Update

Bisa Sebabkan Kecelakaan, Mengenal Speed Wobbles pada Sepeda Motor

(Ilustrasi) Pengendara motor mengalami Speed Wobbles (Sumber : motodeal.com.ph)

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Speed Wobbles, atau mungkin ada yang pernah mengalami tapi tidak tahu jika hal tersebut disebut Speed Wobbles.

Speed Wobbles merupakan sebutan untuk kondisi saat terjadi goyangan berlebihan dari ujung depan sepeda motor saat dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Kondisi ini sangat berbahaya karena tak jarang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Scooter Legend Ada yang Tembus Rp 1 Miliar, Ini 5 Vespa Termahal di Dunia

Melansir dari streetbikeinsider.com, Situasi ini disebabkan karena adanya ketidak selarasan dari tiga faktor kecepatan yaitu, kecepatan roda depan, kecepatan roda belakang, dan kecepatan masa.

Namun, selain ketiga faktor kecepatan tersebut, ada juga faktor laun yang bisa menyebabkan speed wobbles terjadi.

1. Angin Kencang

Saat angin kencang menerpa terutama pada kecepatan di jalan bebas hambatan, hal itu dapat mengganggu bagian depan sepeda motor dan menyebabkan goyangan berlebihan itu sendiri.

Baca Juga: Hari Ibu 2022: 4 Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Bisa Diamalkan

Jadi saat berkendara dan kondisi angin bertiup kencang, sebaiknya turunkan sedikit kecepatan untuk menghindari Speed Wobbles.

2. Permukaan Jalan

Faktor lainnya adalah kondisi jalan. Kondisi permukaan jalan yang tidak rata, bergelombang bisa menjadi penyebab goyangan berlebihan pada sepeda motor.

Sangat penting memperhatikan kondisi permukaan jalan yang dilalui karena saat kecepatan tinggi, sepeda motor akan menjadi sulit dikendalikan sehingga dapat menyebabkan pengendara kehilangan keseimbangan.

Baca Juga: Libur Nataru di Kabupaten Sukabumi, Cek Persediaan Kamar Hotel untuk Menginap

Yang terpenting adalah tetap mematuhi batas kecepatan saat berkendara di jalan raya, terutama saat melewati jalan dengan permukaan kurang baik atau berkendara di tengah kondisi cuaca buruk.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT