Sukabumi Update

Sering Terjadi Cuaca Ekstrem, 5 Tips Naik Motor saat Hujan Jangan Asal Gas

Mengendarai motor saat hujan lebih berisiko lantaran jalan licin dan jarak pandang yang berkurang (Sumber : Unplash)

SUKABUMIUPDATE.com - Akhir-akhir ini cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jawa Barat. Hujan deras yang disertai angin kencang dapat membahayakan siapa saja tak terkecuali para pengendara motor di jalan.

Berkendara saat hujan memiliki risiko tinggi karena permukaan jalan yang licin ditambah dengan jarak pandang yang berkurang.

Agar tetap aman para biker perlu meningkatkan kehati-hatian saat di jalan agar tetap aman dan selamat sampai di tujuan. Selain itu ada beberapa tips lain agar aman naik motor di musim hujan  Melansir dari Suara.com, berikut adalah beberapa tips dari Astra Motor:

Baca Juga: Simple Energy One, Motor Listrik Asal India yang Bisa Dipesan Secara Online

1. Jangan Gunakan Jas Hujan Ponco

Menggunakan jas hujan model single dapat menjadi solusi dalam berkendara ketika saat hujan. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem (Ponco) dapat menyebabkan pengendara kesulitan melakukan manuver.

Walaupun belum ada data statistik yang bisa membuktikan penggunaan jas hujan single memang terbukti tidak mempengaruhi gaya kita dalam mengendarai sepeda motor. Dengan begitu kita tetap bisa membawa sepeda motor dengan nyaman seperti saat tidak terjadi hujan.

Baca Juga: Hujan Ekstrem di Indonesia hingga 2 Januari 2023, BMKG Ungkap 4 Faktor Penyebabnya

2. Jangan Rem Mendadak

Kondisi jalan ketika hujan tentunya lebih licin. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan.

Hal yang harus Anda hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. Anda bisa memanfaatkan engine brake untuk membantu pengereman.

3. Menyalakan Lampu

Peraturan sekarang memang mewajibkan bagi pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari. Begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat.

Baca Juga: Termasuk Qodrat, 10 Film Horor yang Sukses Curi Perhatian Sepanjang Tahun 2022

Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, jadi penggunaan lampu merupakan solusi agar Anda bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain.

4. Berhenti saat Hujan Makin Deras

Jika dirasa hujan terlalu lebat ada baiknya jika Anda berhenti di pinggir jalan untuk berteduh. Selain untuk mengeringkan badan, hujan lebat juga bisa membatasi pandangan di jalan raya.

Baca Juga: Ibuku Selingkuh dengan Suamiku, Kisah Viral Perselingkuhan Terlarang!

5. Waspadai Genangan Air di Jalan

Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa terjadi genangan di bagian jalan yang berlubang. Karenanya pengendara motor wajib waspada ketika bertemu genangan air dan menurunkan kecepatan, untuk menghindari benturan yang bisa memicu kecelakaan.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT