Sukabumi Update

Dipakai Saat Libur Nataru, Begini Tips Perawatan Motor yang Baik dan Benar

Ilustrasi perawatan motor. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Liburan Nataru 2023 telah usai, banyak orang yang selama liburan menggunakan kendaraan sepeda motor. Lalu setelah perjalanan panjang dan melelahkan tersebut, apakah perawatan kendaraan diperlukan?

Tentunya semua itu harus dilakukan supaya motor yang dipakai performanya tetap prima dan tidak rewel di kemudian hari.

Dikutip dari Tempo.co, menurut Instruktur Teknik Main Dealer Honda PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi, tips perawatan motor yang mendasar adalah memeriksa dan mengganti beragam cairan motor.

Baca Juga: Mau Liburan Akhir Tahun Pakai Sepeda Motor? Simak Tips Aman Saat Berkendara

"Mulai dari oli mesin, oli gear untuk motor matik, cairan coolant, minyak rem dan lainnya," kata Wahyu dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Senin, 2 Januari 2023.

Dalam kondisi normal pemakaian oli mesin motor rata-rata 2.500 km untuk sekali penggantian. Pada motor matik, terdapat bagian transmisi yang memerlukan pelumas. Tak ada salahnya untuk diganti usai motor dipakai perjalanan libur akhir tahun.

Wahyu menjelaskan ada dua bagian motor yang perlu diganti setelah dipakai perjalanan jauh, yakni oli mesin dan oli gear untuk motor matik.

Baca Juga: Apakah Motor Listrik Aman Digunakan saat Hujan? Simak 5 Faktanya

Adapun untuk bagian yang perlu dikontrol antara lain rantai untuk motor cub dan sport, shockabsorber, ban motor, lampu, setang, kampas rem, bodi, CVT untuk motor matic, dan kampas kopling untuk motor cub dan sport.

Tips perawatan motor lainnya adalah mengganti part dan pelumas motor dengan produk asli. Ini untuk mencegah potensi kerusakan mesin dan bagian lainnya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT