TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Bengkel di Sukabumi Ungkap Alasan Ban Depan Motor Lebih Kecil Ketimbang Belakang

Ilustrasi ban sepeda motor. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Leader toko ban atau bengkel di Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Yusuf, mengatakan ban sepeda motor bagian depan pada umumnya didesain oleh pabrikan dengan ukuran lebih kecil dibandingkan ban belakang.

Sebagai contoh, ban sepeda motor bebek dengan pelek ukuran 17 inci, bagian depannya berukuran 70/90, sedangkan ban belakang memakai 80/90. Perbedaan ukuran ban depan dan belakang bukan berati tidak memiliki fungsi dan tujuan khusus.

Yusuf mengatakan perbedaan ukuran ban sepeda motor antara bagian depan dan belakang yaitu untuk mendukung keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.

"Juga untuk kemampuan manuver lebih baik sehingga lebih menjaga kestabilan pada berbagai kondisi permukaan jalan, mulai jalan aspal mulus, jalan rusak, jalan berlubang, jalan tidak rata, hingga sambungan jalan. Pengendara lebih nyaman. Itu salah satu alasan ban depan lebih kecil," katanya, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut, kata Yusuf, penggunaan ban depan lebih kecil memudahkan akselerasi sepeda motor. Namun tidak dilarang jika pemilik ingin mengganti ukuran ban depan menjadi lebih besar atau setara dengan ukuran ban belakang.

"Ketika digas awal atau hentakan awal, akan terasa oleh pengendara. Ukuran ban yang digunakan akan mempengaruhi kelincahan motor. Biasanya, penggantian ban ke ukuran lebih besar hanya mengarah ke tampilan motor supaya lebih kekar," ujarnya.

"Tetapi itu tadi, akan menyebabkan handling dan akselerasi sedikit lebih berat dibanding sebelumnya," imbuh Yusuf.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Kecelakaan, Mengenal Speed Wobbles pada Sepeda Motor

Selain itu, karena beban lebih dominan di belakang sehingga ban belakang motor disematkan ukuran yang lebih besar oleh pabrikan. "Makanya saya menyarankan, jika mau mengganti ukuran ban sesuaikan dengan standarnya agar tidak memengaruhi kelincahan dan akselerasi motor," kata dia.

Yusuf mengatakan banyak pilihan merek dan ukuran ban motor. Namun ada ban yang dikhususkan untuk bagian depan maupun belakang. Walaupun umumnya, ban motor dapat digunakan di bagian depan maupun belakang, dengan ukuran yang disesuaikan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT