TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Sukabumi Update

Cara Mengurus Mutasi Motor Online, Simak Tahapan dan Biaya yang Diperlukan

Ilustrasi. Mutasi motor maupun mobil menjadi hal yang penting dilakukan saat membeli kendaraan bekas atau pemilik kendaraan pindah tempat tinggal | Foto: SU/Dede

SUKABUMIUPDATE.com - Saat membeli kendaraan bekas, mutasi motor maupun mobil menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan.

Kini dengan semakin berkembangnya teknologi, mutasi kendaraan baik motor maupun mobil bisa dilakukan secara online.

Melansir dari Suara.com, mutasi kendaraan adalah suatu proses pemindahan registrasi dan identifikasi kendaraan dari wilayah asal ke wilayah lain baik dalam satu Polda maupun antar Polda. Cara mutasi motor online pun lebih mudah dan praktis.

Baca Juga: Data Kendaraan Akan Dihapus Permanen Jika Nunggak Pajak STNK 2 Tahun

Mengurus berkas kendaraan ketika pindah tempat tinggal, menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda saat akan melakukan pembayaran pajak kendaraan maupun mengurus STNK.

Cara mutasi motor online

Perlu diketahui, bahwa sebelum melakukan cara mutasi motor online di Samsat baru, Anda diharuskan untuk melakukan proses pencabutan berkas di Kantor Samsat lama.

Pastikan bahwa Kantor Samsat yang Anda kunjungi tersebut telah sesuai dengan plat nomor kendaraan yang terdaftar saat ini.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Saat di Kantor Samsat lama, silahkan Anda menuju bagian loket mutasi dengan menyerahkan berbagai dokumen persyaratan. Kemudian usai dilakukan pengecekan berkas, selanjutnya petugas akan melakukan pengecekan fisik kendaraan.

Hasil pengecekan tersebut akan dicantumkan di dalam sebuah berkas yang nantinya diserahkan ke loket mutasi. Pada loket mutasi tersebut, Anda akan menerima formulir pendaftaran yang harus diisi sesuai dengan data yang dibutuhkan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT