Sukabumi Update

Kenapa Warna Oli Mesin Baru Berbeda-beda? Ternyata Ini Alasan di Baliknya

Ilustrasi. Di balik oli mesin baru memiliki warna berbeda ternyata ada alasan tertentu yang mungkin belum diketahui banyak orang | Foto: Unplash/Robert Laursoo

SUKABUMIUPDATE.com - Pernahkah kamu bertanya kenapa oli mesin kendaraan saat masih baru memiliki warna yang berbeda-beda.

Seperti kita tahu oli mesin yang masih baru akan memiliki warna beragam seperti kuning, hijau, merah dan sebagainya. Ternyata hal tersebut ada alasannya lho.

Oli mesin sendiri menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan bermotor baik itu sepeda motor maupin mobil.

Baca Juga: Kenapa Harus Rutin Ganti Oli? Kenali Fungsi Oli dan Dampak Buruk Jarang Menggantinya

Oli mesin berfungsi melumasi setiap bagian dalam mesin yang saling bergesekan agar tidak cepat aus.

Selain itu, oli mesin juga berfungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan dari gesekan setiap komponen di dalam mesin kendaraan.

Nah, balik lagi soal warna oli, mengutip dari Suara.com, konsumen tidak perlu ragu atau khawatir, karena warna yang beragam dari berbagai brand produsen pelumas bahkan dari perusahaan yang sama bukanlah merujuk kepada kualitas produk.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

Paling umum, penyebab perbedaan warna pada oli mesin bisa disebabkan kandungan zat pewarna yang digunakan para produsen oli berbeda-beda.

Dikutip dari laman Deltalube, warna bermacam-macam dari produsen pelumas berfungsi sebagai penanda atau identitas suatu produk pelumas atau oli mesin.

Antara lain untuk membedakan antara oli untuk peruntukan mesin transmisi manual dan transmisi matik atau otomatis.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

Juga sebagai pembeda antara buatan satu produsen dengan produsen lain, agar tidak tampak sama, satu dengan lainnya. Termasuk untuk menghindari adanya pemalsuan oli oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi, di luar alasan tadi, ada hal penting yang bisa menjadi petunjuk bagi konsumen pelumas mesin.

Yaitu warna bisa dijadikan indikator untuk mengetahui terjadinya kebocoran atau rembes di bagian tertentu lewat penampakan warna berbeda.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

Termasuk oli mesin yang sudah tercampur dengan air genangan atau banjir. Di mana penampakannya adalah mirip susu kental manis.

Pemaparan ini sekaligus menunjukkan bahwa tips memilih oli bukanlah berdasarkan warna yang menarik, akan tetapi selaras peruntukannya.

Dan teliti pula sebelum membeli produk, seperti segel kemasan dilengkapi stiker hologram dan keterangan lengkap pembuatan sampai kadaluarsa.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT