Sukabumi Update

Kenapa Ban Tubeless Motor Sering Kempes Sendiri? Ini 3 Penyebabnya

Ilustrasi. Ban tubeless sepeda motor sering kempes bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kotoran (pasir atau kerikil) yang menempel pada permukaan ban | Foto: Pixabay/emkanicepic

SUKABUMIUPDATE.com - Ban tubeless menjadi salah satu jenis ban motor yang saat ini banyak digunakan karena dianggap memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ban biasa (Tube).

Keunggulan ban tubeless antara lain yaitu jenis ban ini tidak perlu menggunakan ban dalam sehingga lebih praktis dalam perawatan.

Selain itu ban tubeless saat mengalami kempes atau bocor, cara memperbaikinya tidak serumit ban jenis tube. Ban Tubeless saat bocor cukup menyumpal lubang kebocoran menggunakan karet khusus.

Baca Juga: Benarkah Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak Dibandingkan Ban Depan?

Selain itu ban jenis ini juga dianggap tidak mudah kempes dan lebih tahan saat tertusuk oleh benda semacam paku.
Namun, beberapa pengguna kerap mengalami jika ban tubeless mereka sering kempes atau kekurangan tekanan angin ban.

Lalu, apa yang menyebabkan ban jenis ini mudah mengalami kempes? Mengutip dari Motomobi.com (portal Suara.com), ada beberapa faktor yang menyebabkan ban tubeless kehilangan tekanan udara secara tiba-tiba.

1. Tutup lubang angin tidak kencang

Biasanya pentil ban yang tidak kencang dapat menyebabkan ban tubeless bocor secara tiba-tiba. Ini karena ada rongga yang mengarahkan udara ke luar ban. Jika Anda ingin memompa ban tubeless, selalu pastikan katupnya cukup kencang.

Baca Juga: Preman Pensiun 8 Tayang Ramadan, Trio Terminal Asyik Belajar Ngaji

Anda dapat melakukannya dengan menyiramkan air pada batang klep ban sepeda motor. Jika terdapat gelembung udara, berarti klep ban yang terpasang tidak kedap air dan sebaliknya.

2. Kebocoran kecil

Ban tubeless tidak sepenuhnya tahan bocor. Pasti ada kalanya ban kempes saat dipakai dalam waktu lama.
Apalagi jika ban tersebut digunakan untuk melintasi medan terjal dan berbatu. Ban tubeless juga akan rentan bocor. Biasanya, kebocoran sering terjadi jika ban tubeless sering kempes.

Kebocoran kecil ini biasanya akan terasa setelah 12 hari pemakaian sepeda motor, dimana pengendara akan merasakan ban sepeda motor anda kempes secara perlahan setelah digunakan untuk riding.

Baca Juga: Kumpulan Tema Isra Miraj 2023, Insipiratif dan Menarik untuk Penyelenggaraan Acara

3. Debu dan pasir pada ban

Sama seperti faktor sebelumnya. Ban tubeless, jika sering terkena kerikil kecil, bisa mengempis secara perlahan. Debu dan pasir pada ban tubeless juga bisa menjadi faktor kebocoran.

Partikel pasir atau debu ini akan sering mengisi ruang antara ban dan roda dan, jika tidak segera dibersihkan, dapat menciptakan celah yang memungkinkan udara di dalam ban keluar secara perlahan. Akibatnya, ban motor Anda bisa meledak tanpa Anda sadari.

Baca Juga: Rekomendasi Film Netflix Terbaru 2023, Moviegoers Yuk Catat!

Solusinya adalah dengan membersihkan bagian ban secara rutin. Ini dilakukan terlebih dahulu dengan melepas ban dari pelek dan menghilangkan pasir dan debu dari ban.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan ban tubeless motor mengalami sering kempes.

Sumber: Mobimoto.com (portal Suara.com)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT